Bupati Konawe Janjikan Beasiswa S-2 untuk Guru Tidak Tetap

Kery Syaiful Konggoasa
Kery Syaiful Konggoasa

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Kery Saiful Konggoasa menjajikan program beasiswa pendidikan magister bagi 296 orang tenaga guru tidak tetap (GTT) yang selama ini mendedikasikan diri di daerah itu.

Kery Syaiful Konggoasa
Kery Syaiful Konggoasa

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menjelaskan, program pendidikan lanjutan ini diberikan untuk meningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya bagi tenaga pendidik, telebih beberapa wilayah di Konawe dianggap terpencil, sehingga membutuhkan guru dengan spesifikasi keilmuan yang mumpuni.

“Kalau gurunya cerdas otomatis muridnya juga cerdas, begitupun sebaliknya. Olehnya itu kita sudah mengalokasikan anggaran untuk program S-2, dengan program ini kita harapkan SDM di Konawe lebih maju lagi,” kata Kery di halaman Kantor Bupati Konawe, Jumat (10/3/2017)

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, program pendidikan lanjutan bagi guru tidak tetap ini merupakan bagian dari program Pembangunan Masyarakat, Sejahtera dan Berdaya Saing (Perisai), dan melekat di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Konawe sebagai lining sektor.

Di tempat lain, Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Konawe Jumrin Pagala mengaku saat ini jumlah GTT yang masih aktif mengajar di sejumlah sekolah terbilang cukup banyak, yakni 1.697 orang yang tersebar di beberapa SD, SMP, dan PAUD.

“Mereka diberikan upah sebesar Rp 750 ribu, yang diberikan per tiga bulan. Untuk program pendidikan lanjutan kita akan seleksi lagi karena ada kriteria dan juga syarat tertentu,” ujar Jumrin

Sayangnya, mantan Kabag Pembangunan itu belum mau membeberkan syarat dan kapan pelaksanaan program tersebut. Informasi yang dihimpun awak Zonasultra.com di lapangan, program tersebut diprioritaskan bagi GTT yang bertugas di daerah terpencil. (B)

 

Reporter: Restu Tebara
Editor: Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here