iklan zonasultra

Bupati Konkep Usulkan Pergantian Nama Kabupaten Jadi Kepulauan Wawonii

kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep)
Peta Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) bakal mengusulkan pergantian nama Konkep menjadi Kepulauan Wawonii.

Hal ini diungkapkan Bupati Konkep Amrullah saat ditemui awak media di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (18/7/2019).

Menurut Amrullah, pergantian nama dari Konkep menjadi Kepulauan Wawonii guna menjaga kearifan lokal. Hasil musyawarah dengan tokoh masyarakat setempat menghasilkan kesepakatan mereka tidak akan melepaskan sejarah yang melekat di Kepulauan Wawonii.

iklan zonasultra

Ia menjelaskan, identitas dalam sejarah sejak zaman penjajahan Belanda, sebutan Wawonii lebih dikenal dibanding Konkep. Bahkan etnis Wawonii dan bahasa Wawonii juga telah dikenal. Kata Amrullah, upaya pergantian nama itu mempunyai alasan yang kuat.

“Misalnya, kalau masyarakat Wawonii berada di luar kota atau di Kendari, kalau ditanya dari mana jawabnya dari Konkep. Dengan istilah tersebut lama-lama identitas Wawonii hilang. Inilah mendasari kesepakatan kita bersama masyarakat,” terangnya.

(Baca Juga : Perusahaan Tambang di Konkep Diduga Serobot Lahan Warga)

Meski begitu, pergantian nama ini masih dalam tahapan sosialisasi. Jika seluruh masyarakat sepakat maka akan diadakan rapat di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kemudian diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk diparipurnakan.

“Kemudian kita usul di provinsi, jadi panjang prosesnya sampai dengan Kemendagri. Selajutnya dilanjutkan dengan peraturan pemerintah,” kata Amrullah.

Konawe Kepulauan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Konawe yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 12 April 2013. (b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib