iklan zonasultra

Bupati Konsel Bakal Relokasi Tiga Desa yang Alami Banjir

Bupati Konsel Bakal Relokasi Tiga Desa yang Alami Banjir
BANTUAN BANJIR - Bupati Konsel Surunudin Dangga saat memberikan bantuan kepasa korban banjir di tiga desa kecamatan ranomeeto barat. Selasa (18/6/2019). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Surunudin Dangga menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di tiga desa di Kecamatan Ranomeeto Barat pada Selasa (18/6/2016).

Tiga desa tersebut yakni desa Laikandonga, Boro Boro Lameuru dan desa Tunduno. Jenis bantuan yang disalurkan berupa sembako, makanan cepat saji, pakaian dan peralatan tidur lainya.

Surunudin mengatakan, kedatangannya bersama rombongan untuk mencari solusi permanen agar musibah banjir tidak lagi dialami warga.

iklan zonasultra

Baca Juga : Menengok Titik Banjir Terparah di Konsel, Warga Resah di Pengungsian

“Saya mengajak warga untuk siap direlokasi ke tempat yang baru, agar terhindar dari bencana banjir berulang-ulang. Rumah dan jalan nanti Pemda yang akan bangun,” kata Surunudin di hadapan warga dalam sambutanya.

“Diinstruksikan kepada Camat, Desa dan BPD serta tokoh masyarakat, untuk berembug dan menjalin komunikasi, terkait lokasi mana yang cocok untuk kita relokasi warga yang rumahnya terdampak banjir langsung. Nanti kita beli, namun jika ada yang wakafkan lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Di waktu bersamaan pihak Polres Kendari, Polres Konsel, Perusahaan daerah (Perusda), Bank Sultra dan Yayasan Sedekah Seribu Sehari juga menyerahkan bantuan.

Camat Ranomeeto Barat, Rahmat Saleh menjelaskan bahwa banjir yang terjadi di wilayahnya akibat meluapnya sungai Boro Boro yang melintasi tiga desa tersebut. Akibatnya total 57 Kepala Keluarga terpaksa mengungsi.

“Desa Tunduno, ada 11 KK dan Boroboro Lameuru ada 6 KK. Untuk di Laikandonga tercatat ada 40 KK yang menjadi korban,” ujar Rahmat. (b)

 


Kontributor : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib