iklan zonasultra

Bupati Mubar Serahkan Bantuan Pembangunan 28 Rumah Ibadah

Bupati Mubar Serahkan Bantuan Pembangunan 28 Rumah Ibadah
PENYERAHAN BANTUAN - Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode M Rajiun Tumada menyerahkan bantuan pembangunan kepada 28 rumah ibadah yakni masjid, pura dan gereja. Penyerahan secara simbolis ini dilakukan di Kantor Bupati, Senin (12/8/2019). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode M Rajiun Tumada menyerahkan bantuan pembangunan 28 rumah ibadah yakni masjid, pura, wihara, dan gereja. Penyerahan secara simbolis kepada panitia pembangunan rumah ibadah itu dilakukan di Kantor Bupati Mubar, Senin (12/8/2019).

Rajiun mengatakan pemberian bantuan dana hibah untuk pembangunan rumah ibadah tahun ini, bukan hanya masjid tetapi juga pembangunan gereja untuk umat nasrani, pura untuk umat Hindu dan wihara untuk umat Buddha yang ada di Mubar.

“Pemberian bantuan dana hibah pembangunan rumah ibadah ini setiap tahun kita laksanakan sebagai bentuk penjabaran visi dan misi saya bersama Wakil Bupati Mubar Achamd Lamani, dan pemberian ini akan terus dilakukan sampai berakhirnya masa jabatan kami sampai tahun 2022 mendatang,” kata Rajiun.

iklan zonasultra

Rajiun menjelaskan pemberian bantuan itu dalam rangka untuk meningkatkan tali persaudaraan dan kebersamaan antar umat beragama. Hal itu sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap pembinaan keagamaan yang ada di Kabupaten Muna Barat.

Baca Juga : Ringankan Beban Orang Tua Siswa, Pemda Mubar Bagikan Seragam Sekolah Gratis

“Kita ketahui, Kabupaten Muna Barat merupakan miniatur Indonesia mini, pasalnya masyarakat yang berdomisili dari berbagai suku dan penganut agama. Meski demikian, toleransi antara umat beragama berjalan baik dan akan terus dijaga,” tuturnya.

Untuk itu, dia berharap agar bantuan pembangunan rumah ibadah tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya, guna untuk memperlancar proses pembangunan tempat ibadah dan digunakan sesuai dengan peruntukkannya.

Sementara itu, Subag Kesra Pemda Mubar, La Ode Karimu mengatakan pemberian bantuan tersebut bervariasi besarannya yakni Rp20 juta hingga Rp70 juta. Sebab, ada rumah ibadah yang di rehab dan ada yang dilanjutkan pembangunannya. Total anggaran bantuan rumah ibadah itu Rp 700 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mubar 2019.

“Contohnya seperti masjid Babussalam, Desa Kasakamu, Kecamatan Kusambi, dengan jumlah bantuan Rp70 juta. Selain itu, Gereja Pantai Kosta, Desa Abadi Jaya, Kecamatan Maginti, jumlah bantuannya Rp20 juta. Kemudian, Pura Buana Kerta, Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan, sebesar Rp40 juta,” jelasnya.

Adapun 28 rumah ibadah yang mendapat bantuan pembangunan dari Pemda Mubar yakni Masjid Babussalam, Masjid Khoiru Ummah, Masjid Raudatul Jannah, Masjid Al-Muhaimin, Masjid Nuriman, Masjid Almuhajirin, Masjid Al-Jami. Selanjutnya, Masjid Nurul Ikhsan, Masjid Al-Muhajirin Matandasa, Masjid Al-Ikhsan, Masjid Khoirun Saada, Masjid Alfirqon.

Kemudian, Masjid Nurul Iman, Masjid Al-Ikhwan, Masjid Al-Munaja, Masjid Nurul Iman Kambara, Masjid Fastabikul Khoirah, Masjid Babusalam, Masjid Darul Ulum, Masjid Al Muhajirin, Masjid Baiturrahman, Masjid Miftakhul Jannah, Masjid Nur Huda dan Masjid Nurul Hijrah. Selanjutnya, Gereja Pante Kosta, Pura Eka Kayangan, Puradale Purwakerta, dan Buana Kerta. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib