Honda

Bupati Muna Paparkan Pemanfaatan Dana Desa di Kongres Nasional

Bupati Muna Paparkan Pemanfaatan Dana Desa di Kongres Nasional
ISTIMEWA - Bupati Muna Rusman Emba jadi narasumber di Kongres Nasional Kementerian Transmigrasi di Yogyakarta, Selasa (16/9/2019) lalu. (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Bupati Muna Rusman Emba dipercaya oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk menjadi narasumber pada Kongres Nasional Transmigrasi di Graha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada, Selasa (17/9/2109) kemarin.

Bupati menyampaikan bahwa tingkat penerimaan masyarakat lokal kepada masyarakat transmigran cukup baik.

Baca Juga : Pemda Muna Siap Luncurkan Website yang Menjawab Kebutuhan Informasi Warga

iklan zonasultra

Mantan senator DPD RI ini menggunakan panggung nasional untuk memaparkan sektor pariwisata dengan konsep Mai Te Wuna atau datang ke Muna dengan pemanfaatan Dana Desa (DD).

Selain itu, Rusman juga memaparkan peningkatan sektor pertanian antara lain jagung kuning, dan kacang tanah sedangkan sektor perikanan adalah Rumput Laut.

Kabag Humas Pemda Muna, Hartati mengatakan bahwa pada kesempatan tersebut l, Bupati mendorong pemerintah pusat, pengusaha, akademisi, masyarakat atau komunitas serta media untuk mengembangkan potensi demi kesejahteraan masyarakat lokal maupun transmigrasi.

“Bupati Muna menyampaikan di forum jika pemda berupaya memporsikan dana desa dengan besaran hingga 30 persen untuk meningkatkan ekonomi pedesaan,” terang, Hartati, Rabu (18/9/2019).

Baca Juga : Tak Terapkan Perencanaan Elektronik, KPK Warning Pemda Muna

Kata Hartati, Menteri Desa PTT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo membuka secara resmi kongres menyampaikan transmigrasi, kedepan polanya bakal dikelola secara modern.

Dana desa serapannya cukup tinggi yakni mencapai 99 persen yang tadinya 82 persen. Keberhasilan ini berkat pendampingan yang cukup baik, sehingga pembangunan infrastruktur terpenuhi.(B)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib