iklan zonasultra

Bupati Rusman Patungan dengan SKPD Perbaiki Rumah Korban Angin Kencang

Bupati Rusman Patungan dengan SKPD Perbaiki Rumah Korban Angin Kencang
RUSMAN EMBA - Bupati Muna Rusman Emba saat meninjau korban hujan dan angin kencang yang menimpa warganya di Desa Bungi, Kecamatan Kontunaga, Rabu (4/4/2018). Sedikitnya ada 14 rumah yang rusak akibat kejadian pada, Senin (2/4/2018) siang lalu dan ada 5 rumah yang kondisi rusak parah. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Bupati Muna LM Rusman Emba bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat, mengumpulkan dana pribadi untuk memperbaiki rumah warga yang menjadi korban angin kencang, Senin (2/4/2018).

Ia bersama jajarannya turun langsung meninjau lokasi bencana yang menimpa masyarakatnya di Desa Bungi dan Mabodo Kecamatan Kontunaga dan Kelurahan Watoputih Kecamatan Watopute, Rabu (4/4/2018).

Di lokasi bencana, Rusman mengatakan, akan melakukan penanganan darurat yang sifatnya sementara sembari melakukan pembenahan terhadap rumah-rumah warga yang rusak total akibat tertimpah pohon tumbang.

“Ini rumah tinggal masyarakat, sementara kita lihat rumah yang sekarang sudah tidak layak untuk ditinggali. Secara pribadi saya akan membantu masyarakat yang rumahnya tertimpah pohon,” ungkap Rusman.

Mantan ketua DPRD Sultra ini menjelaskan, untuk penanganan dana yang sifatnya sementara itu, ia bersama jajaran SKPD akan melakukan pengumpulan dana secara pribadi guna meringankan permasalahan yang dihadapi warganya.

Ia mengaku memang ada dana yang tak terduga atau dana kontigensi khusus penanganan bencana alam yang melekat di Pemda, namun proses pencairannya butuh waktu yang cukup lama.

Untuk langkah awal, pihaknya akan memprioritaskan terlebih dahulu masyarakat yang rumahnya rusak parah, dan yang butuh penanganan secepatnya. Pemkab Muna akan menyiapkan bahan dan tukang yang akan mengerjakan perbaikan rumah tersebut.

Rusman berharap agar seluruh masyarakat untuk tetap tenang. Sebab hal ini adalah sebuah musibah dan pemerintah akan secepatnya menanggulangi permasalah tersebut.

Diketahui, ada 8 rumah yang tertimpa pohon di desa Mabodo, 1 rumah rusak parah, 2 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan. Sementara di Desa Bungi ada 14 rumah, 5 rumah rusak parah dan 9 rusak ringan serta di Watoputih ada 3 rumah yang rusak, 1 rusak parah sisanya rusak sedang.

“Kita harus bersiap siaga, karena cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat. Yang pasti kita tetap hadir ditengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya, puluhan pohon tumbang dan rumah roboh akibat hujan dan angin kencang sekitar satu jam di Desa Bungi, Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna, Senin (2/4/2018).

Warga Desa Bungi Eteng (41) mengatakan, bahwa hujan terjadi sekitar pukul 12.04 WITA yang disertai angin kencang seperti angin puting beliung.

“Rumah milik La Falisa saja roboh dan mengenai mobil truk yang parkir di depan rumahnya. Ada juga yang paling parah di Desa Bungi juga bagian atas, rumah milik Wa Gure rata dengan tanah,” kata Eteng saat ditemui di Desa Bungi.

Kata Eteng, saat kejadian tersebut banyakwarga yang panik akibat banyak pepohonan yang tumbang dan beberapa ranting pohon banyak yang patah. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib