iklan zonasultra

Buteng Kembali Raih WTP dari BPK

Buteng Kembali Raih WTP dari BPK
WTP - Kepala Perwakilan BPK Sultra Hermanto saat menyerahkan Piagam penghargaan opini WTP kepada Bupati Buteng Samahuddin yang turut didampingi Wakil Ketua DPRD Buteng Dani B.Sc di Kantor Perwakilan BPK Sultra di Kendari, Jumat (24/5/2019). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI – Kabupaten Buton Tengah (Buteng), kembali meraih predikat atau opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018. Predikat itu diberikan karena Buteng dianggap mampu melakukan pengelolaan administrasi penggunaan anggaran daerah dengan baik.

Piagam penghargaan opini WTP tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BPK Sultra Hermanto kepada Bupati Buteng Samahuddin yang turut didampingi Wakil Ketua DPRD Buteng Dani B.Sc di Kantor Perwakilan BPK Sultra di Kendari, Jumat (24/5/2019).

Bupati Buteng Samahuddin menuturkan, raihan predikat WTP yang kedua kalinya ini merupakan bentuk dari kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan dengan standar akutansi pemerintahan, efektivitas sistim pengendalian internal serta kepatuhan kita terhadap peraturan perundang-undangan yang ada.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Kembali Raih WTP, BPK Apresiasi Kepemimpinan Ruksamin-Raup)

“Alhamdulillah, Buton Tengah raih nilai tertinggi atas LKPD dengan nilai 88,61, disusul Kota Kendari diperingkat kedua dengan nilai 88,12 dan Kolaka Utara peringkat ketiga dengan nilai 83,26,” kata Samahuddin melalui pesan WhatsApp messengernya, Sabtu (25/5/2019) malam.

Dengan pencapaian ini, Samahuddin berkomitmen akan mengontrol pengelolaan anggaran pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dikatakan, setiap OPD harus menyajikan laporan dengan tepat waktu dan sesuai peraturan yang ada.

Sebab menurutnya, menjadi pemimpin tidak boleh hanya duduk di depan meja, tapi harus pula mengontrol secara langsung apa yang telah dilaksanakan, bagaimana pelaksanaannya di lapangan, serta bagaimana laporan kegiatan yang disajikan tetap terkontrol dan harus sesuai dengan regulasi yang ada.

(Baca Juga : Pemkab Kolut Raih WTP Kali Kelima)

Ia juga mewanti-wanti para Kepala OPD agar predikat WTP ini tetap dipertahankan dan memperbaiki apa yang menjadi koreksi dari BPK, untuk meningkatkan hasil yang lebih baik.

“Mari kita bersama-sama bekerja dengan maksimal untuk berbuat lebih baik lagi. Apa yang kita capai di WTP ini harus kita pertahankan, dengan sinergisitas dan kerjasama yang baik insyaallah Buteng yang berkah akan kita capai dan penghargaan lainnya akan kita hadirkan di daerah kita ini,” ujarnya. (B)

 


Editor. : Rustam
Kontributor : Aisyah

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib