iklan zonasultra

Buton Utara Persembahkan Tari Kreasi di Pembukaan HUT Sultra ke-53

Buton Utara Persembahkan Tari Kreasi di Pembukaan HUT Sultra ke-53
HUT SULTRA - Penampilan Tari kreasi 'Kangkeniakono Adati' dari Kabupaten Buton Utara (Butur). Tari tersebut merupakan bentuk partisipasi Pemerintah Daerah Butur dalam rangka memeriahkan HUT Sultra ke-53.(Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)
Buton Utara Persembahkan Tari Kreasi di Pembukaan HUT Sultra ke-53
HUT SULTRA – Penampilan Tari kreasi ‘Kangkeniakono Adati’ dari Kabupaten Buton Utara (Butur). Tari tersebut merupakan bentuk partisipasi Pemerintah Daerah Butur dalam rangka memeriahkan HUT Sultra ke-53.(Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara yang ke-53, Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) turut memberikan partisipasinya dengan mempersembahkan tari kreasi ‘Kangkeniakono Adati’ pada pembukaan acara di eks MTQ Kendari, Minggu (23/4/2017) malam.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur Harlin Hari menjelaskan, tari kreasi tersebut bercerita tentang perempuan Kulisusu yang harus tetap memegang teguh adat istiadat, meski banyak pengaruh yang datang dari luar. Diakui, bahwa era modern seperti sekarang ini, cukup memberi tantangan bagi perempuan dalam memegang teguh adat istiadatnya.

“Sekalipun banyak budaya lain yang tumbuh subur di era modern dan global, perempuan Kulisusu harus tetap berpegang pada adat Kulisusu, sebagai identitas, dasar moral dan jati dirinya,” ungkap Harlin.

Penampilan yang diperagakan itu cukup memukau para penonton. Tidak sedikit yang mengabadikannya dengan memotret ataupun merekam dalam bentuk video.

(Baca Juga : Pembukaan HUT Sultra ke-53, Stand Pameran Rumah Adat Kabupaten Muna Diserbu Pengunjung)

Sebelumnya, Bhayangkari Polda sultra juga mempersembahkan tari kreasi lulo, yang merupakan tarian khas daerah Sultra. Dalam pembukaan acara itu, turut hadir pejabat dari Kementerian Pariwisata, Anggota DPR RI perwakilan Sultra, jajaran Pemprov Sultra, pemerintah kabupaten/kota se-Sultra.

Selain mempersembahkan tari kreasi, Butur juga turut berpartisipasi untuk memeriahkan berbagai rangkaian acara yang mengusung tema ‘Halo Sultra Masa Depan Indonesia’ yang akan berlangsung hingga 29 April 2017 mendatang. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib