iklan zonasultra

Butur Umumkan Kasus Pertama Positif Covid-19

dr Muhammad Ali Badar (Jubir GTC-19 Butur)
dr Muhammad Ali Badar

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan satu kasus positif Covid-19 pertama di wilayah itu, Rabu (10/6/2020) pukul 14.30 WITA.

Satu kasus positif Covid-19 ini melalui hasil pemeriksaan swab yang dilakukan pada 29 Mei 2020 dengan total 25 sampel yang diperiksa.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Butur dr. Muhammad Ali Badar menyatakan, dari 25 sampel yang diperiksa, baru 21 sampel yang hasilnya keluar, 20 sampel negatif dan satu sampel positif. Sementara empat lainnya hasilnya belum keluar.

“Satu kasus kita dapatkan positif. Dari klaster kapal Dorolonda,” ujar Ali Badar.

Pasien terkonfirmasi positif tersebut berada dalam wilayah kerja Puskesmas Wakorumba Utara, dan sedang dalam penjemputan oleh satuan tugas (Satgas) setempat.

“Sekarang pasien sementara dijemput petugas Puskesmas Wakorumba Utara untuk diisolasi mandiri di RSUD Butur,” kata Ali Badar.

Ali Badar menambahkan, untuk total klaster Dorolonda dari Buton Utara ada enam orang, dua orang hanya melintas dan empat orang warga asli Butur. Dari empat orang ini, hanya dua orang yang dites swab, sedangkan dua lainnya dari wilayah kerja Puskesmas Waode Buri dan dari Wakorumba Utara enggan dilakukan pemeriksaan swab.

“Petugas sudah berusaha tapi dua orang yang tidak mau diswab melarikan diri sesuai laporan satgas Covid-19 wilayah setempat,” terangnya.

Ali Badar pun mengimbau masyarakat Butur untuk tetap menjaga kesehatan dan ikuti imbauan dari pemerintah.

“Selalu menggunakan masker apabila harus beraktivitas di luar rumah, cuci tangan, pakai sabun dan air mengalir, serta jaga jarak,” kata Jubir GTC-19 Butur ini. (*)

 


Penulis: M5
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib