iklan zonasultra

Cara Alimazi-Lukman Cegah Korupsi dan Berantas Narkoba di Sultra

Cara Alimazi-Lukman Cegah Korupsi dan Berantas Narkoba di Sultra
DEBAT PUBLIK - Debat publik tahap dua di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Minggu (6/5/2018). (Ramadhan Hafid/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor urut 1 Ali Mazi dan Lukman Abunawas memaparkan secara singkat cara mengatasi peredaran narkoba dan juga pencegahan tindak korupsi dalam debat publik calon gubernur Sultra tahap dua.

Menurut Lukman Abunawas, peredaran narkoba adalah salah satu faktor penghambat jalannya pembangunan. Pasalnya, selain merusak individu penggunanya, narkoba juga berdampak pada lingkungan sekitar.

“Ini salah satu faktor juga yang menghambat pembangunan. Olehnya itu, sedari dini kita harus mencegahnya, terutama untuk menyelamatkan generasi muda kita,” kata Lukman dalam pemaparannya saat menerima pertanyaan mengenai narkoba dalam debat publik tahap dua di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Minggu (6/5/2018).

Upaya konkrit yang wajib dilakukan oleh pemerintah adalah melibatkan semua pihak dalam pemberantasan narkoba. Yang paling utama menurut Lukman, adalah pelibatan tokoh agama. Karena doktrin agama dianggapnya mampu menyelamatkan generasi dari pergaulan yang negatif.

Sementara itu, calon gubernur Ali Mazi juga memaparkan secara singkat upaya pencegahan tindak pidana korupsi di sektor pemerintahan.

Menurutnya, pembinaan serta pembekalan terhadap seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dari jajaran atas hingga ke bawah patut untuk dilakukan sebagai upaya preventif dalam hal narkoba.

“Ini harus kita perhatikan. Kita harus memberikan pembekalan untuk seluruh PNS,” kata Ali Mazi. (B)

 


Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib