iklan zonasultra

Cara Jaga Kesehatan Tubuh Saat Suhu Udara Panas

Cara Jaga Kesehatan Tubuh Saat Suhu Udara Panas
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Beberapa hari terakhir cuaca panas di Kota Kendari dan sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) cukup tinggi. Salah satunya di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Bandara Sangia Ni Bandera mencatat suhu udara tinggi mencapai 37,8 derajat celsius.

Kondisi ini membuat masyarakat merasakan panas matahari yang cukup terik, terutama mereka yang beraktivitas di luar ruangan. Bahkan yang bekerja di dalam ruangan pun merasakan suhu udara yang cukup panas.

Baca Juga : Suhu Capai 37,8 Derajat, Disarankan Banyak Minum Air Putih

iklan zonasultra

Loading...

Salah satu dampak yang bisa disebabkan kondisi cuaca panas bagi kesehatan tubuh adalah dehidrasi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Bahteramas Provinsi Sultra dr. Yusuf Hamra mengatakan, dehidrasi salah satu dampak yang harus diwaspadai di musim panas, apalagi terkhusus bagi penderita Systemic Lupus Erythematosus (SLE ) karena akan memperberat gejalanya.

“Paling bahaya dehidrasi khusus pada penderita SLE akan memperberat gejala,” kata Yusuf Hamra melalui layanan WhatsApp, Senin (28/10/2019).

Direktur Utama (Dirut) RSUD Bahteramas Provinsi Sultra dr. Yusuf Hamra
dr. Yusuf Hamra

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini termasuk dalam penyakit autoimun. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia.

Yusuf menyebutkan ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dalam kondisi cuaca panas.

Pertama menghidari paparan langsung sinar terik matahari dengan menggunakan penutup kepala, payung dan lain sebagainya.

Baca Juga : Suhu Terendah di Kendari Capai 19 Derajat Celcius, Ranomeeto Lebih Rendah

Menggunakan pakaian berbahan tipis namun mudah menyerap keringat, gunakan yang berwarna cerah seperti putih agar tidak menyerap panas.

Kemudian, bisa menggunakan cream pelembab wajah dan kulit untuk mengurangi dampak dari radiasi matahari agar kulit tidak mudah kering.

Hal penting yang harus dilakukan yakni memperbanyak minum air putih. Pastikan anak Anda dan orang tua lanjut usia untuk minum air putih lebih banyak.

Memperbanyak asupan buah dan sayuran juga dapat menjadi salah satu tipsnya serta apabila tidak sangat perlu, hindarilah beraktivitas di bawah terik matahari. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib