iklan zonasultra

Cara Mudah Merawat Mulut Agar Bersih dan Tetap Sehat

Ilustrasi Mulut Sehat
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Setiap orang pasti menginginkan organ mulutnya selalu sehat dan bersih. Nah, memiliki mulut yang sehat dan bersih sebenarnya sangat mudah dan sederhana.

drg. Dian Fatmawati mengatakan, merawat mulut sesungguhnya hanya perlu secara rutin menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Dianjurkan menyikat gigi hingga bagian terdalam rongga mulut.

“Anda harus menyikat seluruh bagian gigi dengan benar naik turun atau memutar, sehingga gusi ikut dibersihkan dan terpijat,” kata Dian di Kendari, Minggu (9/12/2018).

iklan zonasultra

Usai menyikat gigi, untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat, ada baiknya menggunakan benang gigi (dental floss). Kemudian, menggunakan obat kumur yang dianjurkan dapat dipakai sehari-hari seperti betadine kumur sebelum dan sesudah bangun tidur.

Hindari penggunaan tusuk gigi yang terlalu kuat atau tajam, karena dapat mengakibatkan luka pada gusi dan nantinya malah terjadi infeksi. Penggunaan mouthwash atau obat kumur juga penting untuk membersihkan gigi dan mulut secara keseluruhan dan merata.

“Apalagi kita tahu, biasanya kalau dengan sikat gigi saja terkadang tidak menjangkau bagian dalam atau sela – sela gigi. Selain dapat membantu membersihkan bakteri di mulut, juga membantu membuat napas kita menjadi segar,” tambahnya.

Selain itu, membersihkan lidah juga perlu agar kuman penyebab bau mulut yang berkembang di lidah bisa ikut dibersihkan. Sementara bagi perokok disarankan untuk berhenti merokok. Sama halnya peminum kopi.

“Karena keduanya akan menyebabkan gigi menjadi kuning dan terjadi bau pada mulut,” kata Dian.

Langkah selanjutnya, mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Hal ini cukup penting untuk mengetahui kondisi gigi sekaligus membersihkan karang gigi agar tidak menyebabkan lubang suatu saat nanti.

Dengan cara perawatan secara sederhana tersebut dapat menjaga mulut tetap sehat dan segar. Sehingga, jagalah kesehatan tubuh Anda mulai dari organ mulut. (B)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib