iklan zonasultra

Cegah Corona, Orang yang Masuk Kolaka Diperiksa Kesehatannya

POSKO COVID-19 - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kolaka, dr Muhammad Aris saat diwawancarai soal perkembangan penyebaran virus corona di Kabupaten Kolaka, Rabu (25/3/2020). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Setiap orang yang masuk ke wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diperiksa kondisi kesehatannya. Pemeriksaan ini untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Kolaka.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan instruksi Bupati Kolaka, Ahmad Safei, maka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kolaka menempatkan tim di setiap pintu masuk kabupaten.

Baca Juga : Gugus Tugas Covid-19 Kolaka Mendata Pelayat Jenazah PDP Corona

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kolaka, dr Muhammad Aris mengatakan seluruh pintu masuk ke Kolaka baik darat, udara, laut, terdapat petugas yang berjaga untuk mengecek kesehatan tubuh orang-orang yang masuk ke Kolaka.

“Semua pintu masuk perbatasan. Jadi semua mobil masuk diperiksa, tidak bisa lagi masuk tanpa pemeriksaan. Di pelabuhan dan bandara juga,” ujarnya di Kolaka, Kamis (26/3/2020).

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan terhadap orang-orang yang akan masuk ke Kolaka ini telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Kata dia, petugas yang siaga di posko pintu masuk sebanyak lima orang per sif.

Kata dr Aris, setiap orang diharapkan bisa mematuhi dan melaksanakan instruksi standar operasional prosedur (SOP) yang dikeluarkan pemerintah, seperti social distancing dan berada di dalam rumah.

Baca Juga : ODP Corona di Kolaka Bertambah Jadi 14 Orang

Bagi yang merasa diri pernah dari luar daerah terpapar, maka diminta melakukan isolasi mandiri di rumah. Ketika merasa kondisi kesehatan menurun, maka diminta segera memeriksakan kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit.

Selain itu, kata dia, diharapkan semua desa dan kecamatan bisa menjaga penduduknya dari penyebaran virus corona dengan terus memantau pergerakan orang-orang yang masuk ke wilayahnya. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Muhamad Taslim Dalm

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib