Honda

Cegah PTM, Dinkes Koltim Latih 25 Kader Kecamatan

Cegah PMT, Dinkes Koltim Latih 25 Kader Kecamatan
PEMBEKALAN KADER - Sebanyak 25 kader dari empat desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tirawuta,Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) diberikan pembekalan Penyakit Tidak Menular (PTM), Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 08.30 wita. (Foto : Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Sebanyak 25 kader dari empat desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tirawuta,Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) diberikan pembekalan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 08.30 wita.

Empat desa dan kelurahan yang dimaksud yaitu desa Lalingato, Simbune, Poni-poniki, Tirawuta dan Kelurahan Rate-rate.Masing-masing desa atau kelurahan diwakili 5 kader. Pembekalan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdis) Koltim, Badwi.

Baca Juga : DPRD Koltim Setujui KUA-PPAS Tahun Anggaran 2020

iklan zonasultra

Menurut Badwi, kegiatan ini merupakan kegiatan dari Provinsi Sultra yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan Kabupaten Kolaka Timur. Sumber anggarannya pun berasal dari provinsi.

“Alhamdulillah 10 kabupaten/kota yang mendapatkan program tersebut di Sultra tahun 2019, kabupaten Kolaka Timur masuk salah satunya. Kegiatan ini baru kali pertama dilaksanakan. Tahun sebelumnya belum pernah ada,”kata Badwi.

Dikatakan, upaya pembekalan kader sangat penting dilakukan mengingat PTM penyebab kematian yang terbanyak saat ini di Indonesia. PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir. Biaya pengobatan pun sangat tinggi.

“Selain itu, salah satu dampak PTM adalah terjadinya kecacatan, termasuk kecacatan permanen. Melalui kegiatan seperti ini maka dapat membantu dalam melakukan gerakan deteksi dini faktor dan resiko PTM. Untuk masyarakat yang sehat dapat dipertahankan agar tetap sehat. Bagi yang beresiko diupayakan agar kondisi faktor penyakit tidak menularinya dan normal kembali. Bagi yang sudah PTM diupayakan bisa tercegah dari komplikasi, kecacatan dan kematian dini serta meningkatkan kualitas hidup ,”tuturnya.

Baca Juga : Bayi Penderita Hidrosefalus Asal Koltim Dirujuk ke Makassar

Dijelaskan, PTM itu sendiri terdapat 20 jenis tetapi yang lebih dominan saat ini adalah hipertensi, stroke, jantung koroner, PPOK, gagal ginjal, ostereoporosis dan kanker utamanya kanker leher rahim dan kanker payudara.

“Untuk mengendalikan PTM maka harus diubah kebiasaan seperti merokok, kurang aktifitas fisik (olahraga), diet yang tidak sehat, mengonsumsi minuman beralkohol, serta tidak menjaga lingkungan agar sehat,”tandas Badwi.

Sebelum para kader dibekali, pihak Dinas Kesehatan Koltim juga turun melakukan kegiatan sosialisasi deteksi dini faktor resiko PTM di lintas sektor, mulai dari kecamatan, tim penggerak PKK kecamatan, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan karang taruna. (B)

 


Kontributor : Samrul
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib