iklan zonasultra

Corona Mewabah, Kapal Feri Tetap Beroperasi di Penyeberangan Lokal Sultra

Mudik 2018, ASDP Siapkan 10 Kapal Penumpang di Sultra

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seluruh kapal feri milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry yang beroperasi pada rute penyeberangan lokal Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga saat ini tetap beroperasi normal seperti biasanya. Total kapal yang berlayar saat ini ada 9 kapal.

Kepala PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Baubau Suharto mengatakan, belum ada instruksi pemerintah pusat, daerah dan pihak perusahaan dari Jakarta untuk menutup operasi pelayaran. Selain itu, ia menegaskan 9 kapal yang berlayar saat ini hanya melayani rute lokal dan bukan antar provinsi.

Baca Juga : Aktivitas Kapal di Pelabuhan Nusantara Kendari Tetap Normal

iklan zonasultra

“Jadi kami sampaikan hingga saat ini kami tetap beroperasi di tengah wabah virus corona,” ungkap Suharto melalui telepon seluler, Selasa (24/3/2020).

Secara keseluruhan ada 10 kapal milik ASDP Cabang Baubau yang beroperasi tapi ada satu kapal saat ini dalam perawatan. Sementara itu untuk rute pelayarannya yakni Torobulu-Tampo, Amolengu-Labuan, Baubau-Waara, Kendari-Langara, Baubau-Dongkala, Baubau-Siompu, Dongkala-Mawasangka, Dongkala-Kasih Pute, Baubau-Tolandona, Raha-Pure serta Kamaru-Wanci.

Baca Juga : Pelabuhan Siwa Segera Di-lockdown Khusus Penumpang

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya juga sudah melakukan pembersihan dan penyemperotan cairan disinfektan di seluruh kapal yang beroperasi, mengatur jarak tempat duduk antar penumpang, serta pemasangan spaduk pencegahan virus corona di setiap pelabuhan penyeberangan.

Suharto juga mengakui bahwa adanya virus corona ini berimbas pada penurunan jumlah penumpang sekitar 5 hingga 10 persen dari hari biasa. Terkait jumlah penumpang setiap hari di tengah status pandemik corona sudah dilaporkan pada Gugus Tugas Covid-19 Sultra. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib