iklan zonasultra

Covid-19, DATP Kolut Salurkan Bantuan 4 Ton Beras di 15 Kecamatan

Covid-19, DATP Kolut Salurkan Bantuan 4 Ton Beras di 15 Kecamatan
BANTUAN - Dewan Adat Tolaki Patowanua (DATP) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa beras sekitar empat ton kepada warga di 15 kecamatan di wilayah tersebut, Senin (1/6/2020). (RUSMAN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA-Dewan Adat Tolaki Patowanua (DATP) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa beras sekitar 4 ton kepada warga terdampak covid-19 di 15 kecamatan di wilayah itu.

Bantuan beras tersebut dikemas dalam plastik per lima kilogram ditambah mie instan dan telur serta kebutuhan dapur lainnya. Pemberian bansos itu bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di tengah wabah Pandemi Covid-19 sudah melumpuhkan perekonomian warga mayoritas petani tersebut.

Sekretaris DATP Kolut Usman mengatakan, sejak dibentuknya posko relawan peduli covid-19 di desa Tojabi, kecamatan Lasusua beberapa waktu lalu, tidak berapa lama pihaknya mendapat respon baik dari beberapa pengurus sehingga ia membentuk panitia dan menggalang beberapa donatur baik dari Kolut dan Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra.

Kata dia, penyaluran beras gratis tersebut sudah dua tahap dengan menyisir setiap rumah penerima mamfaat. “Awalnya kita membuat posko kemudian kita tampung, dan langsung kita salurkan langsung ke warga yang kita anggap benar-benar membutuhkan,” kata Usman, Senin (1/6/2020).

Dengan situasi seperti saat ini, dirinya menilai banyak masyarakat sangat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-sehari, terutama mereka yang mengantungkan hidup dari pertanian dan nelayan. Sehingga mereka tidak bisa berbuat banyak dan beberapa aktivitasnya terhenti dengan waktu yang tak menentu, olehnya itu DATP Kolut ambil bagian untuk meringankan beban masyarakat.

“Kita melihat banyak keluarga yang terkena dampak virus tersebut jadi ini bagian dari kebersamaan untuk saling membantu,” bebernya

Sementara itu ketua panitia Posko Relawan DATP Kolut, Sumardin Pere mengatakan seluruh bantuan pangan tersebut murni dari berbagai pihak seperti dari partai dan beberapa pejabat setempat serta satu perusahaan pertambangan yang beroperasi di Konut. Olehnya itu, pihaknya berterima kasih atas sumbangan tersebut.

“Dari PT Oheo di konut kita dapat 2,5 ton selebihnya dari Lat provinsi dan donatur di kolut,” terangnya.

Ia berharap wabah covid-19 segera berlalu, dan masyarakat bisa hidup normal kembali seperti sebelum merebaknya virus mematikan itu. (b)

 


Kontributor: Rusman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib