Cuaca Buruk, Feri Rute Tondasi-Sikeli-Bira Tidak Beroperasi

Waspada, Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sultra
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Kapal Motor Penumpang (KMP) Bontobaharu yang melayani rute Tondasi kabupten Muna Barat (Mubar) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan Pelabuhan Sikeli di Kabaena dan Bira, Sulawesi Selatan (Sulsel) dipastikan tidak dapat beroperasi selama bulan Januari ini akibat cuaca buruk melanda jalur yang dilintasinya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar, La Ode Hanafi mengatakan pelayaran kapal fery itu untuk sementara dihentikan atas pertimbangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sesuai dengan surat dari Genderal Manajer (GM) PT ASDP Selayar di Bira bahwa ada gelombang tinggi dan angin kencang.

iklan zonasultra
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar, La Ode Hanafi
La Ode Hanafi

“Jadi untuk sementara pengoperasian KMP Bontoharu ini dihentikan sementara karena ada gelombang tinggi mencapai 2 sampai 3 meter diserta angin kencang bulan Januari 2019 ini,” kata La Ode Hanafi di kantornya, Senin (14/1/2019).

Selain akibat cuaca buruk, tambah Hanafi, tidak beroperasinya KMP Bontoharu ini juga disebabkan kondisinya yang masih dalam tahap perbaikan di galangan.

Lanjut dia, pihak PT ASDP akan melayani kembali setelah kapal selesai dalam melaksanakan perbaikan dan jadwal penyeberangan seperti semula.

“Kita juga belum tahu pasti kapan akan beroperasi kembali KMP Bontoharu ini. Tetapi kita juga selalu akan melakukan komunikasi dengan pihak PT ASDP Selayar.dan kalau sudah ada informasi kita akan secepatnya menyampaikan kepada masyarakat dan jasa transportasi ekspedisi,” tuturnya. (C)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib