iklan zonasultra

Cuaca Ekstrem, Syahbandar Kolaka: Operator Kapal Jangan Segan Tolak Berlayar

Pelabuhan Penyeberangan Feri Kolaka
Pelabuhan Penyeberangan Feri Kolaka

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Kolaka, Hasfar mengimbau para operator dan nakhoda kapal agar jangan segan-segan menolak berlayar apabila cuaca tidak memungkinkan.

Kata dia, mengingat kondisi cuaca saat ini telah memasuki musim penghujan, ditambah angin kencang dan gelombang tinggi mulai melanda perairan Kolaka dan sekitarnya.

“Jangan takut sama pemilik kapal, karena keselamatan adalah yang utama dari segalanya,” ujarnya di Kolaka, Rabu (8/1/2020).

Sebutnya, untuk kecepatan angin di perairan Kolaka mulai 10 sampai dengan 20 knot. Sementara ketinggian gelombang mencapai 0,75 meter. Masih kata dia, ketinggian gelombang tidak sampai 1 meter.

Sementara itu, sebelum penandatanganan surat persetujuan berlayar, pihaknya terlebih dahulu mengamati keadaan sekitar pelabuhan. Karena, menurutnya, keselamatan dalam pelayaran lebih utama dari segala-galanya.

“Sebisanya, untuk selalu mengikuti peraturan pelayaran serta memperhatikan serta mengupdate setiap saat pemberitahuan yang dikeluarkan dari BMKG,” tambahnya.

Untuk itu, Hasfar mengimbau kepada semua pengguna jasa transportasi laut dan para nelayan agar selalu mengupdate perkiraan cuaca setiap saat.

Selain itu, tidak berlayar atau melaut mencari ikan apabila keadaan cuaca tidak memungkinkan untuk berlayar. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib