iklan zonasultra

Daftar Jalur SBMPTN, Ini Prodi Favorit Pilihan Pendaftar di USN Kolaka

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruslin Hadanu
Ruslin Hadanu

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Proses pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka sejak 10 Juni 2019 lalu. Selama prosesnya, tentunya terdapat program studi yang menjadi favorit khususnya bagi pendaftar di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu mengatakan, program studi favorit dikategorikan dari banyaknya peminat atau pendaftar pada program studi tersebut. Lalu telah melebihi daya tampung yang ditentukan pihak kampus setelah ditutup proses pendaftaran pada 24 Juni 2019 kemarin.

Adapun, prodi yang menjadi favorit pendaftar SBMPTN 2019 di USN Kolaka, untuk saintek yaitu prodi Ilmu Komputer dengan jumlah pendaftar 103 orang sementara daya tampung 80 orang. Kemudian, prodi Farmasi daya tampung 69 orang, sedang pendaftarnya 119 orang.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pendaftar SBMPTN di USN Kolaka Sudah Mencapai 1.177 Orang

Selanjutnya, untuk soshum yang menjadi prodi favorit yaitu prodi Akutansi dengan daya tampung 75 orang, sementara pendaftarnya 111 orang. Pendaftar prodi Manajemen berjumlah 156 orang sementara daya tampungnya hanya 113 orang.

“USN Kolaka ada 25 program studi, saintek 15 prodi dan soshum 10 prodi, tapi hanya empat program studi itu yang paling diminati,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/6/2019).

Setelah melakukan pendaftaran melalui jalur SBMPTN, dilanjutkan dengan perangkingan terhadap nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pendaftar yang dimasukkan saat mendaftar. Adapun pengumuman hasilnya bakal disampaikan pada 9 Juli 2019 mendatang.

“Misalnya pendaftar prodi Ilmu Komputer sudah melebihi daya tampung 80 orang, maka mereka akan dirangking. Nilai urutan ke 80 itu yang akan menjadi passing grade di USN Kolaka,” tambahnya.

Ruslin menambahkan, selain prodi favorit, juga terdapat prodi yang kurang pendaftarnya. Sebutnya, seperti prodi Pendidikan Fisika hanya 12 pendaftar, daya tampungnya 90, Kimia pendaftarnya 13, daya tampung 88, dan Ilmu Perikanan 15 pendaftar dengan daya tampung 89.

Kemudian, ada Pendidikan Kimia yang hanya dipilih oleh 16 pendaftar dengan daya tampung 87 serta Teknologi Hasil Pertanian hanya dipilih 16 pendaftar, sementara daya tampungnya 89. Untuk prodi yang daya tampungnya belum terpenuhi akan dialihkan ke jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang pendaftarannya pada 10 Juli 2019. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib