iklan zonasultra

Daftar Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam Tiga Tahun Terakhir

ilustrasi pesawat
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta -Pangkal Pinang jatuh tak lama setelah meninggalkan Bandara Soekarno Hatta pada Senin (29/10/2018) pagi kembali mengingatkan kita akan kecelakaan udara serupa.

Badan SAR Nasional memastikan pesawat Lion Air Jatuh di sekitar perairan Karawang Jawa Barat.

Tak hanya pesawat komersil dan beberapa kapal non komersil pun juga beberapa kali mengalami kecelakaan. Dilansir dari beberapa laman berita seperti Kompas.com dan VOA Indonesia, berikut sejumlah petaka yang terjadi di udara dalam tiga tahun terakhir di Indonesia.

iklan zonasultra

18 Agustus 2015

Trigana Air IL 267 kecelakaan terjadi pada Agustus 2015 rutenya Sentani-Oksibil. Pesawat mengalami hilang kontak. Oleh tim SAR diketahui pesawat jatuh gunung Tangok jumlah. Tak ada yang selamat dalam insiden kecelakaan pesawat yang membawa 54 penumpang.

3 Desember 2016

Pada 3 Desember 2016 pesawat jenis M-28 Skytruk milik Polri dengan nomor polisi registrasi P-4201 jatuh di perairan Lingga Kepulauan Riau. Diketahui pesawat mengalami hilang kontak saat terbang dengan rute Pangkalpinang-Batam. Jumlah korban yang ada dalam pesawat sebanyak 13 orang.

18 Desember 2016

Kecelakaan pesawat Hercules C-130HS nomor registrasi A-1335 jatuh di Wamena Papua. Sebanyak 12 orang meninggal dunia.

26 Februari 2017

Pesawat Wings Air IW 1286 dengan rute penerbangan Bandung menuju Tanjung Karang Lampung dengan membawa 72 penumpang. Insiden terjadi pada 14.15 WIB. Pesawat dikabarkan mengalami pecah ban saat proses pendaratan di Tanjung Karang. Tidak ada korban jiwa dapam kecelakaan itu.

3 Agustus 2017

Pada 3 Agustus 2017 terjadi insiden tabrakan sayap antara pesawat Wings Air dan Lion Air di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang Sumatera Utara.

Kala itu pesawat Lion Air membawa penumpang dari Banda Aceh menuju Medan. Sementara Wings Air membawa 66 penumpang.

Akibat kecelakaan tersebut sayap dari kedua pesawat mengalami kerusakan. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Namun setelah kejadian itu bandara sempat ditutup dan mengalami penundaan penerbangan sekitar 20 menit.

4 April 2018

Pada 4 April 2018 terjadi kecelakaan helikopter di Morowali Sulawesi Tengah. Baru mengudara dia menit dari helipad di area PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Helikopter jatuh menimpa seorang pekerja hingga tewas sebelum sampai ke helipad.

29 April 2018

Pesawat Lion Air JT 892 tergelincir di Bandar Udara Djalaluddin Tantu,Gorontalo. Pesawat mendarat saat hujan tengah mengguyur wilayah bandara dan sekitarnya. Pesawat Boeing 737 ini lepas landar dari bandar udara Sultata Hasanuddin Makassar. Sebanyak 174 penumpang dan tujuh kru pesawat selamat dalam insiden itu.

12 Agustus 2018

Pesawat jenis Pilatus Porter milik PT Martha Buana Abadi ditemukan hancur di Gunung Menuk, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Minggu (12/8/2018).

Saat pesawat ditemukan, kondisi bagian depan pesawat rusak parah dan sayap bagian kiri patah.

Akibat kecelakaan ini, 8 orang dinyatakan meninggal dunia dan 1 orang dinyatakan selamat.

10 Oktober 2018

Beberapa waktu lalu, pesawat Cessna Caravan 208EX-PK-JBR milik PT Jhonlin Air tergelincir di Bandar Udara Beoga, Papua.

Pesawat ini membawa sembako, bertolak dari Bandar Udara Mozes Kliangin Timika pukul 06.00 WIT.

Dikabarkan pesawat hanya berisi pilot, dan tidak membawa penumpang. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini.

21 Oktober 2018

Pesawat Wings Air dilaporkan menabrak ground handling equipment atau towing tracktor di landasan Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pesawat berjenis ATR 72-500 PK-WFT terbang dari Tanjung Karam menuju Halim. Akibat insiden ini, pesawat tidak jadi diterbangkan.

Diduga, pesawat Wings Air mengalami permasalahan hydraulic loss sehingga terjadi kerusakan pada radar doom dan nose gear door pesawat.

29 Oktober 2018

Pada Senin 29 Oktober 2018 pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan laut Karawang Jawa Barat. Pesawat membawa 178 penumpang, satu anak-anak, dua bayi dan lima kru. Sebelum terjatuh pesawat hilang kontak sesaat setelah pesawat bearangkat dari Bandara Soekarno Hatta. Sejak Senin kemarin hingga Selasa hari ini Badan SAR Nasional melakukan evakuasi terhadap para korban. (*)

 


Penulis : Ros

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib