iklan zonasultra

Dalam Sehari, Dua Gempa Terjadi di Buton Utara

Dalam Sehari, Dua Gempa Terjadi di Buton Utara
GEMPA BUMI - Setelah dini hari tadi, tepatnya pukul 01:21 Wita gempa bumi dengan kekuatan 4.8 Skala Richter mengguncang wilayah Buranga, Buton Utara (Butur), gempa tektonik kembali mengguncang wilayah yang sama pada pukul 16:32 Wita dengan kekuatan 3.8 Skala Richter. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Setelah dini hari tadi, tepatnya pukul 01:21 Wita gempa bumi dengan kekuatan 4.8 Skala Richter mengguncang wilayah Buranga, Buton Utara (Butur), gempa tektonik kembali mengguncang wilayah yang sama pada pukul 16:32 Wita dengan kekuatan 3.8 Skala Richter.

Berdasarkan analisis BMKG Kota Kendari, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.65 LS, 122.98 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19.6 km, barat laut Buranga, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kota Kendari, Rosa Amelia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Buton di barat laut Buranga.

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Maligano dan Pure, Kabupaten Muna yang getaran dirasakan oleh beberapa orang,” ujar Rosa, Rabu (29/7/2020).

Ia melanjutkan, hingga pukul 17.24 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (B)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib