iklan zonasultra

Dampak Covid-19, DD dan ADD Tiap Desa di Muna Dipangkas

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna Rustam
Rustam

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pandemi Covid-19 berdampak juga pada penyaluran dana Desa (DD) di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Tahun ini penyaluran DD mengalami pengurangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna Rustam mengatakan, tahun ini porsi penyaluran DD dan ADD di tiap desa dikurangi sebagai dampak dari wabah Covid-19.

Iklan Zonasultra

“Karena ada Covid-19 penyaluran dana desa dikurangi sebesar Rp10 juta per desa. Kalau ADD dikurangi sebesar Rp52 juta tiap desa,” terang Rustam, Rabu (8/7/2020).

Pengurangan itu merupakan refocusing anggaran dari pos pembangunan fisik beralih untuk penanganan Covid-19. “Semua dialihkan ke penanganan Covid-19, namun yang paling banyak untuk penyaluran BLT,” jelasnya.

Selain itu, kata Rustam, sesuai dengan Permendes nomor 7 tahun 2020 pemanfaatan DD difokuskan pada tiga hal yakni penanganan Covid-19, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Tahun ini porsi DD di Muna sebesar Rp100 miliar. Saat ini pencairan DD memasuki tahap pertama. Namun proses pencairan DD hingga saat ini masih terkendala laporan pertanggungjawaban (LPJ) tiap desa yang belum rampung.

“Belum final, tapi sampai sekarang baru 60 dari 124 desa yang sudah menyetor LPJ DD,” ucapnya. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib