iklan zonasultra

Dana Desa Mulya Jaya di Koltim Digunakan Tidak Tepat Sasaran

Dana Desa Mulya Jaya di Koltim Digunakan Tidak Tepat Sasaran
Ilustrasi

ZONASULTRA. COM, TIRAWUTA – Anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2019 di desa Mulia Jaya, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) dinilai tidak tepat sasaran.

Dalam Surat Permintaan Pembayaran (SPP), dana senilai Rp100 juta lebih itu diperuntukkan untuk pembangunan drainasse di dusun II. Namun belakangan, Rusdi Hadi selaku Kepala Desa (Kades) setempat berencana mengalokasikan anggaran itu untuk ke pembangunan lapangan sepak bola di dusun I.

Bendahara Desa Mulya Jaya, Tuti yang dihubungi wartawan ZONASULTRA.COM mengakui jika SPP anggaran itu sebenarnya direncanakan untuk pembangunan drainase.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Bupati Koltim Panen Raya Tanaman Holtikultura Hasil Dana Desa)

“Iya untuk drainase,” kata Tuti melalui telepon selulernya, Minggu (17/3/2019).

Walau begitu, Tuti terkesan menutup-nutupi hal itu. Sebab, dia tidak konsisten dengan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang diajukan wartawan terkait masalah itu.

Misalnya, ketika ditanya tentang keberadaan anggaran tersebut, Tuti mengaku jika Dana Desa itu masih ada pada dirinya. Namun tak lama kemudian dia mengaku kalau dana itu sudah ada di tangan Kadesnya sejak dicairkan dari Bank, dua minggu lalu.

Sementara itu, Kades Mulia Jaya Rusdi Hadi mengakui jika Dana Desa tersebut memang diperuntukkan untuk lapangan sepak bola. Hal itu berdasarkan hasil musdes (musyawarah desa) yang dilakukan sebelumnya.

Namun demikian, dia menampik pernyataan bendaharanya terkait penerbitan SPP Dana Desa itu untuk untuk pembuatan drainase.

“Memang kemarin, itu yang menjadi prioritas utama karena kita belum punya dan sesuai hasil kesepakatan dalam musdes (musyawarah desa). Drainase juga iya, artinya nanti kita tinggal liat saja apakah bisa dilaksanakan drainase atau bagaimana,” ujarnya.

Ia juga mengaku bila Dana Desa itu tidak dipegangnya, melainkan ada pada bendahara desa. (B)

 


Kontributor : Samrul
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib