iklan zonasultra

Dana Desa Tahap II di Buton Cair Minggu Ini, Lebih Cepat dari Tahun Lalu

DPMPD_buton_Alimani
Alimani

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Sebanyak 83 desa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan sudah akan menerima pencairan Dana Desa (DD) tahap II dalam pekan ini. Dimana dana tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing desa penerima melalui kas daerah.

DPMPD_buton_Alimani
Alimani

Penyaluran DD tahun ini boleh dikatakan lebih cepat ketimbang tahun lalu yang mengalami keterlambatan pencairan hingga tanggal 30 Desember 2016.

Kepastian pencairan DD itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Buton Alimani. Sebab, saat ini dana tersebut sudah berada dalam rekening kas daerah setempat melalui Badan Penggelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

iklan zonasultra

Dengan demikian, Alimani optimis, pengajuan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) DD untuk tahap satu tahun 2018 mendatang diprediksi tepat waktu.

Idealnya laporan itu sudah harus dimasukan pada awal Maret atau April tahun berjalan untuk dilakukan pencairan tahap selanjutnya berdasarkan laporan keungan pada tahun sebelumnya.

Menurutnya, ketepatan proses pencairan DD di Buton dikarenakan semakin baiknya sistim pelaporan keuangan desa. Apalagi saat ini pihaknya sudah melakukan pelatihan mengenai aplikasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) bagi para kepala Desa, Skretaris dan Bendahara Desa.

“Persoalan keterlambatan Dana Desa tahun 2017 menjadi perhatian khusus sejak tahun ini hingga seterusnya,” kata Alimani di ruang kerjanya, Selasa (5/12/2017).

Walau begitu, Alimani mengaku tidak mengetahui berapa total nilai DD yang akan dicairkan pada tahap dua nanti. Namun setiap desa akan menerima dana sekitar Rp 500 juta hingga Rp 800 juta.

“Pencairan Dana Desa dilakukan dua kali dalam setahun.Dimana tahap satu sebesar 60 persen dan tahap dua 40 persen,” tandasnya. (B)

 

Reporter : Nanang
Editor : Abdul Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib