iklan zonasultra

Dana Desa untuk Konsel Naik Rp 251 Miliar

Dana Desa untuk Konsel Naik Rp 251 Miliar
PELANTIKAN - Bupati Konsel Surunudin Dangga saat melantik Tahir Kepala Desa Tambolosu Kecamatan Laonti sebagai Kades antara waktu sisa periode 2019-2022. Tahir dilantik menggantikan Kades sebelumnya yang meninggal dunia. Kamis (31/1/2019). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunudin, mengatakan jika alokasi Dana Desa (DD) di daerah itu mengalami peningkatan yang sangat signifikan hingga mencapai Rp. 251 Miliar.

Jumlah itu naik Rp 25 Miliar dibanding dengan tahun 2018 sebesar Rp 225 Miliar. Tak hanya itu, alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) turut mengalami penambahan Rp. 10 Miliar hingga mencapai Rp. 75 Miliar. Hal ini menjadikan Konawe Selatan sebagai daerah terbanyak penerima anggaran DD dari seluruh daerah yang ada di Sultra.

iklan zonasultra

“Sebagai catatan khusus, ADD Tahun 2019 yang kita alokasikan untuk Kecamatan Laonti sejumlah 4.1 Milyar dan DD sebesar 14 Milyar jadi total 18 M. Khusus ADD Tambolosu mendapatkan sebesar 222 Juta Rupiah dan DD senilai 736 Juta dengan total 959 juta,” kata Surunudin ketika melantik Kepala Desa Antar Waktu Desa Tambolosu, Kecamatan Laonti, Kamis (31/1/2019).

Ia mengungkapkan, pihaknya terus berupaya menggenjot laju pembangunan di bidang Infrastruktur, termaksud dalam pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Mantan ketua DPRD Konsel ini menyebut, selama kurun waktu 2017-2018 telah terbangun 6.790 unit rumah layak huni melalui alokasi anggaran Dana Desa (DD). Angka itu belum ditambahkan dengan program yang telah dijalankan Dinas Perumahan dan Pemukiman setempat.

Selain itu, Surunudin mengakui bahwa dirinya telah membangun infrastruktur jalan darat menuju Ibukota Kecamatan Laonti, setelah itu di tahun 2019 pembangunan infrastruktur lainnya juga bakal dibuat untuk mendorong keterisolasian wilayah itu.

“Impian saya di masa jabatan ini, seluruh Desa – Desa yang ada di Kecamatan Laonti tersambung dan bisa diakses melalui jalan darat, dengan membuat jalan lingkar. Diawali pembangunan ruas jalan Langgapulu-Namu dan Ruas Jalan Lapuko-Tambolosu-Laonti, tentu dengan dukungan penuh seluruh elemen masyarakat,” ungkapnya.

Olehnya itu, Surunudin menitip pesan kepada Kades yang baru dilantik agar menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin Desa, yang mampu mengayomi masyarakat.

Untuk diketahui, pelantikan kades antar waktu ini merupakan yang pertama di daerah itu, kini Kades Tambolosu dijabat oleh Tahir dengan sisa Periode 2016-2022. Hal itu sesuai SK Bupati Nomor 141/49 Tahun 2019 hasil pemilihan ulang dalam format perwakilan, menggantikan Kades sebelumnya yang telah wafat. (b)

 


Kontributor : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib