Tampilan Desktop



Darurat, BPBD Butur Tetap Bersiaga untuk Korban Banjir
89 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah berstatus siaga. Dalam menjalankan tanggung jawabnya, BPBD pun terus bersiaga dalam menangani para korban.

Kepala BPBD Butur LM. Yurif Halir

LM. Yurif Halir

Kepala BPBD Butur LM. Yurif Halir mengatakan, banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Butur saat ini mulai berangsur surut. Namun mengingat jangan sampai hujan kembali mengguyur, pihaknya terus bersiap siaga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita tetap siaga, makanya kita ini standby terus. Kita sudah tetapkan status darurat, kita siaga terus memantau,” katanya, Sabtu (20/52017).

Mantan Plt Kepala Dinas Pendapatan Daerah Butur ini menjelaskan, pihaknya terus menurunkan bantuan, baik yang bersumber dari BPBD sendiri, maupun bantuan dari relawan. Menurutnya, selain kebutuhan pangan, warga juga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih sehingga mobil tangki pun dikerahkan untuk menyalurkan air, diantaranya Desa Lambale dan Kotawo Kecamatan Kulisusu Barat.

“Mereka sangat butuh air bersih, itulah kebutuhan vital air bersih, makanya saya turunkan mobil tangki. Mobil tangki itu berapa kali kita ambil itu (air) baru kita salurkan lagi, sampai malam,” terangnya.

Menurut Yurif, selain kewajiban menjalankan tugas, rasa kemanusiaan juga patut dikedepankan. Olehnya itu, meski dengan kondisi dana yang sangat terbatas, ia menekankan kepada semua anggotanya untuk tetap semangat dalam bertugas.

“Saya sampaikan teman-teman jangan mengeluh karena kita memang punya prinsip begitu, penyelamatan. Satu korban itu luar biasa mi itu. Jadi, yang penting kita prinsip bencana itu adalah upaya penyelamatan, dan diupayakan tidak ada korban jiwa,” tegasnya. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com