Honda

DBD Menyerang, Puskesmas Puuwatu Tingkatkan Penyuluhan

DBD Menyerang, Puskesmas Puuwatu Tingkatkan Penyuluhan
PASIEN DBD - Salah satu warga Puuwatu yang dirawat di Puskesmas Puuwatu karena DBD, Rabu (6/2/2018). (Lukman Budianto/Zonasultra.com)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari baru-baru saja menangani 10 pasien yang terjangkit virus dengue. Pasien yang terinfeksi rata-rata orang dewasa.

Gabriela Kendek Allo, dokter yang menangani pasien di puskesmas tersebut mengatakan, dari semua pasien yang ditanganinya, ada yang rawat inap, ada juga yang rawat jalan.

“Kalau positif, kita rawat inap sampai trombosit (sel darah) pasien itu kembali naik. Kalau sudah naik, ya mereka sudah bisa pulang,” kata Gabriela di Puskesmas Puuwatu, Rabu (6/2/2019).

iklan zonasultra

Lanjut Gabriela, musim hujan menjadi salah satu penyebab meningkatnya pasien demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, virus dengue ini dibawa oleh nyamuk yang habitatnya cenderung meningkat saat musim hujan.

Karena itu, Puskesmas Puuwatu belakangan ini gencar melakukan penyuluhan ke rumah-rumah warga. Sambil menyuluh, petugas medis di puskesmas ini juga membagikan bubuk abate.

“Kita imbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terutama di musim hujan,” terangnya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari juga menangani 34 pasien DBD. Usianya bervariasi dari 9 hingga17 tahun.

Dari 34 orang yang dirawat pada awal Januari 2019, diantaranya 14 orang laki-laki dan perempuan sebanyak 20 orang, terdiri dari anak-anak 14 dan 20 orang dewasa. (b)

 


Kontributor: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib