Tampilan Desktop



DBD Mulai Menyebar di Kecamatan Kulisusu
81 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sebelumnya menyerang warga Kecamatan Kulisusu Utara (Kulut), Kabupaten Buton Utara (Butur), kini mulai mewabah di Kecamatan Kulisusu. Data Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Butur, dua orang anak dari Kecamatan Kulisusu saat ini di rawat di RSUD setempat.

Kasubag Tata Usaha (TU) RSUD Butur, Mustamin

Mustamin

Kasubag Tata Usaha (TU) RSUD Butur, Mustamin membenarkan adanya informasi tersebut. Ia mengatakan, kedua anak itu berasal dari Kelurahan Bangkudu dan Lakonea Kecamatan Kulisusu.

“Dari hasil laboratorium, Kedua pasien mengalami penurunan jumlah trombosit, terus demam tinggi, itu ukuran kita bahwa keduanya positif terkena DBD” ungkapnya saat ditemui di RSUD, Kamis (2/3/2017).

Lebih lanjut ia menyebutkan, bahwa saat ini jumlah pasien DBD yang dirawat berjumlah delapan orang, yakni enam berasal dari Kulisusu Utara, dan dua orang dari kecamatan Kulisusu. Menurutnya, penanganan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aides aegepty ini membutuhkan penanganan yang cepat.

Olehnya itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila terdapat warga yang mengalami demam, agar secepatnya diperiksa ke Sarana pelayanan Kesehatan. Hal itu guna memastikan apakah pasien bersangkutan positif DBD atau tidak, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan, dapat diminimalisir.

“Jadi, kalau ada yang demam, secepatnya dibawa ke sini (RSUD),” serunya.

Total warga Butur yang positif terkena DBD berjumlah 14 orang, diantaranya 3 meninggal dunia, dua orang sembuh, satu dirujuk ke Kendari dan delapan orang saat ini tengah dirawat di RSUD Butur. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com