iklan zonasultra

Delapan Calon Haji Mubar Diberangkatkan Lewat Kloter 24

Kepala Kemenag Mubar, Kammarudin
Kammarudin

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Delapan jamaah calon haji asal Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan diberangkatkan melalui Kelompok Terbang (Kloter) 24 bersamaan dengan rombongan dari kabupaten Konawe, Konsel, Konut, dan kota Kendari.

Kepala Kantor Kementrian Agarama (Kemenag) kabupaten Mubar, Kammaruddin mengatakan kuota haji tahun 2019 Mubar hanya 8 orang.

“Sebenarnya tahun ini kita punya kuota sembilan, hanya saja satu orang atas nama Wa Ode Amba dari Desa Lasama, Kecamatan Tikep menunda keberangkatannya. Karena tahun depan dia ingin bersama-sama suaminya naik haji,” bebernya.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pedagang dan Pensiunan PNS Dominasi Calon Jamaah Haji Butur

Dia menjelaskan, daftar tunggu calon haji di Mubar hanya sekitar 8-12 tahun. Jangka waktu ini termasuk paling cepat bila dibangdingkan dengan daerah lain di Sultra.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan bimbingan manasik kepada seluruh calon haji ini.

“Tinggal menunggu waktu keberangkatan saja. Untuk waktu keberangkatan mereka itu tanggal 22 Juni dari Mubar dan 23 Juli di terima di embarkasi Makassar. Kemudian, 24 Juli berangkat menuju ke Mekah,” kata Kammarudin di ruang kerjanya, Kamis (27/6/2019).

Selain melakukan bimbingan manasik, pihaknya juga melakukan pelatihan segar-bugar kepada seluruh jamaah calon haji yang bekerja sama dengan KKP Kesehatan Pelabuhan Kendari.

“Dalam pelatihan ini kita hadirkan dokter, perawat dan instruktur senam untuk melatih kebugaran mereka. Kita juga banyak melakukan bimbingan selain manasik ini,” ungkapnya.

Kammaruddin menambahkan, delapan calon haji itu semuanya berasal dari Tiworo Raya. Usia termuda para jemamaah atas nama Eni P (33) asal Desa Kasimpa Jaya. Sedangakan jemaah yang paling tua atas nama Darmin Sukarjo (67) pekerjaan petani dari Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan.

Berikut daftar nama jemaah calon haji asal kabupaten Muna Barat tahun ini.
1. Suriani (51) dari desa Santiri, Kecamatan Tiworo Utara.
2. Ilmiati (40) dari Desa Santiri, Kecamatan Tiworo Utara.
3. Sarwiah (50) dari Kelurahan Waumere, Kecamatan Tikep.
4. Soeparti (64) dari Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan.
5. Eni P (33) dari Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan.
6. Darmin Sukarjo (67) dari Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan.
7. Abd. Rahman (40) dari Desa Katangana, Kecamatan Tiworo Selatan.
8. Kasmawati (37) dari Desa Katangana, Kecamatan Tiworo Selatan. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib