iklan zonasultra

Demokrat Sultra Dalami Visi Misi Balon Kada

Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muh. Endang SA
Muh. Endang SA

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai memproses bakal calon (balon) kepala daerah (kada) yang mendaftar di partai tersebut. Mereka diundang untuk penyampaian visi misi di salah satu hotel di Kendari, Selasa (26/11/2019).

Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muh. Endang SA mengungkapkan, agenda penyampaian visi misi ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan penjaringan balon kada di tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada pada 2020 mendatang.

(Baca Juga Pilkada 2020, Empat Balon Bupati Butur Berebut Pintu Demokrat)

iklan zonasultra

Kata dia, pemaparan ini hanya diikuti oleh balon kada yang yang telah mendaftar di empat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dari tujuh daerah yang menggelar pilkada serentak di Sultra, yakni Wakatobi, Buton Utara, Konawe Selatan, dan Kolaka Timur.

Sementara DPC Demokrat Kabupaten Muna meminta untuk menggelar pemaparan tersendiri di daerahnya, yang rencananya akan dilaksanakan pada 6 Desember mendatang.

Sedangkan DPC Kabupaten Konawe Utara (Konut) tidak dilakukan penjaringan karena Demokrat tak memiliki kursi di daerah itu. Kemudian untuk DPC Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) juga tak melakukan penjaringan dan pemaparan visi misi. Pasalnya, keputusan partai sudah final untuk kembali mengusung kadernya yang juga incumbent saat ini, Amrullah.

“Konkep tidak memaparkan visi misi. Konkep itu final untuk pak Amrullah, tinggal wakilnya dan tentu kita bicarakan dengan pak Amrullah dan koalisi partai,” kata Endang.

(Baca Juga : Lima Figur Incar Demokrat Butur, Tiga Bakal Calon Resmi Mendaftar)

Wakil Ketua DPRD Sultra ini menambahkan, untuk posisi balon bupati pada empat daerah yang mengikuti pemaparan tersebut berasal dari nonkader. Sementara kader partai hanya mendaftar di posisi balon wakil bupati.

Ia juga menjelaskan, hasil pemaparan visi misi ini akan dilaporkan ke DPP Partai Demokrat. Kemudian selanjutnya Demokrat akan melakukan survei pada Januari dan Februari 2020 mendatang, yang prosesnya akan didiskusikan dengan para balon bupati.

“Tahapan selanjutnya kita laporkan di DPP. Saya perkirakan dukungan dari Demokrat akan keluar di bulan Maret atau April. Makanya kita minta semua calon untuk mencari partai koalisi, karena Demokrat tidak bisa mengusung calon sendiri,” ungkapnya. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib