Deretan Gazebo Tingkatkan Pesona Pantai Nirwana

Gazebo Pantai Nirwana (Foto : Istimewa)
Gazebo Pantai Nirwana (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Siapa yang tak kenal dengan salah satu destinasi wisata pantai di Kota Baubau, pantai Nirwana?Ya, pantai dengan butiran pasir putih di selatan kota pemilik benteng terluas didunia ini kini tambah berparas cantik.

Bak sihir, pantai Nirwana kini seolah punya wajah baru. Deretan gazebo dari kayu yang digagas pemerintah Kota Baubau pada 2018 ini ternyata menjadi kunci perubahan drastis ini.

Uniknya, gazebo yang berjejer rapi diberi cat warna-warni. Kesan ceria dari aneka warna gazebo semakin menambah indahnya panorama alam dan kenyamanan liburan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ibnu Wahid menjelaskan pembangunan gazebo dipantai Nirwana merupakan salah satu pembangunan infrastruktur disektor kepariwisataan Baubau. Pembangunan gazebo bekerjasama dengan konsorsium ekowisata berbasis komunitas masyarakat.

“Untuk 2018 ini sudah ada 35 gazebo yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Lalu ada juga beberapa penataan gazebo dengan ukuran besar dibagian tengah hasil kerjasama CSR,” jelas Ibnu Wahid.

Ia mengatakan kesan yang baik akan dirasakan pengunjung apabila tempat yang disediakan representatif. Makanya hadirnya gazebo ini dinilai sebagai solusi terbaik.

Mengenai pengelolaan gazebo tersebut, akan dilaksanakan oleh warga setempat dan pihak swasta yang bekerjasama dalam pembangunan. Tentunya dibawah pengawasan pemerintah Kota Baubau yang akan diatur melalui suatu regulasi.

Dengan pembangunan gazebo ini diharapkan juga pendapatan masyarakat akan meningkat. Sejalan dengan itu Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata bisa juga ditingkatkan.

“Kan gazebo ini warga sendiri yang kelola. Tapi tentu tetap bekerjasama dengan pemerintah daerah, karena ada jasa yang ditarik dari sewa gazebo ini. Tentunya besarannya akan dikoordinasikan bersama masyarakat setempat yang ditetapkan dalam satu regulasi,” singkatnya. (B)

 


Penulis : M2
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib