iklan zonasultra

Di Hadapan Menteri, Warga Wanggu Minta Rumah Panggung dan Tolak Relokasi

Di Hadapan Menteri, Warga Wanggu Minta Rumah Panggung dan Tolak Relokasi
MENSOS RI - Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita secara langsung berkunjung ke tenda-tenda pengungsian korban banjir, di bantaran Sungai Wanggu, Kelurahan Lepolepo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita secara langsung berkunjung ke tenda-tenda pengungsian korban banjir, di bantaran Sungai Wanggu, Kelurahan Lepolepo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Didampingi Gubernur Sultra Ali Mazi, Wali Kota Kendari dan Danrem 143/Haluoleo, Agus Gumiwang meninjau tenda pengungsian dan bercengkrama dengan warga Sungai Wanggu, Rabu (12/6/2019). Dengan menggunakan jas hujan, Agus Gumiwang berkeliling tenda pengungsian warga.

Baca Juga : Mensos Serahkan Bantuan Bencana Alam dan Konflik Sosial di Sultra

iklan zonasultra

Dari pantauan awak zonasultra.com di lokasi, salah seorang warga bahkan curhat kepada Mensos. Dia adalah Muhaya, wanita lanjut usia (lansia) itu bahkan secara langsung meminta kepada Mensos Agus Gumiwang agar memberikan bantuan pembangunan rumah panggung bagi warga Sungai Wanggu.

“Tidak usah susah-susah pak, atau bahkan diberikan tanah lalu pindah tidak usah pak. Kami di sini cukup dibangunkan saja rumah panggung yang tingginya tiga meter, itu saja pak,” pinta Muhaya ke Mensos Agus Gumiwang.

Tidak hanya itu, sejumlah warga juga mengaku kedinginan setelah berhari-hari tinggal di tenda pengungsian. Mereka mengaku kedinginan serta harta benda yang tak dapat diselamatkan akibat terjangan banjir. Warga pun berharap, segera mendapat solusi jangka panjang.

Baca Juga : Kemensos RI Bantu Korban Banjir di Konut Rp 1,4 Miliar

“Tapi kami terimakasih pak, karena pemerintah selalu datang. Pak Menteri juga terima kasih sudah datang melihat kami,” ucap Muhaya.

Menanggapi permintaan Muhaya, Agus Gumiwang lalu tersenyum dan berjanji akan membantu warga Sungai Wanggu yang terkena dampak banjir. Meski begitu, ia masih akan terus berkoordinasi dengan Gubernur Sultra dan Wali Kota Kendari.

“Ternyata hampir seluruh wilayah di Sultra itu berdampak banjir, salah satunya Sungai Wanggu ini. Tapi alhamdulillah karena air sudah mulai surut, mudah-mudahan air di Sungai Wanggu tidak lagi meluap agar masyarakat bisa kembali ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga : Polda Sultra Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Wanggu

Ia pun mengaku, hasil pantauannya, kondisi tenda pengungsian korban banjir di Sungai Wanggu sangat memprihatikan.

Untuk diketahui, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita secara langsung menyerahkan bantuan bencana alam dan konflik sosial di Sulawesi Tenggara (Sultra). Bantuan senilai Rp 3,7 miliar itu, diserahkan Agus Gumiwang secara simbolis kepada Gubernur Sultra Ali Mazi, di Aula Korem 143/Haluoleo Kendari, Rabu (12/6/2019). (A)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib