iklan zonasultra

Di Tangan Rusman, Pemda Muna ‘Hactrik’ Raih WTP

Di Tangan Rusman, Pemda Muna 'Hactrik' Raih WTP
PENGHARGAAN WTP - Bupati Muna, LM Rusman Emba saat menerima penghargaan predikat WTP dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra Arif Wibawa, di Aula Galampano, Senin (11/12/2019) malam. (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Kinerja pemerintah kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) patut diacungi jempol. Pasalnya, dibawah komando LM Rusman Emba, daerah ini kembali mencatatakan rekor baru dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yakni tahun 2016, 2017 dan 2018 Muna berhasil mencetak ‘hactrik’ atas penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kerja keras itu, pun membuahkan hasil yang ditandai dengan penyerahan predikat WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 lalu, di Aula Galampano, Senin (11/11/2019) malam.

iklan zonasultra

Baca Juga : SPBU Baru Beroperasi di Muna, Rusman: Roda Ekonomi Bisa Meningkat

Sertifikat penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra Arif Wibawa kepada Bupati Muna LM Rusman Emba.

Mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam penyerahan penghargaan ini, Arif Wibawa mengapresiasi Bupati Muna dan jajarannya karena telah mengelola keuangan daerah dengan baik, transparan dan akuntabel.

Di Tangan Rusman, Pemda Muna 'Hactrik' Raih WTP“Selamat kepada Pemda Muna yang dinilai baik dalam pengelolaan keuangannya,” terang Arif Wibawa, Selasa (12/11/2019).

Arif menyebut kriteria raihan WTP bagi setiap daerah dibagi empat. “Pertama, kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah. Kedua, efektifitas pengendalian internal. Ketiga, kecukupan pengungkapan informasi dan terakhir kepatuhan pada peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Sementara itu , Bupati Muna LM Rusman Emba kembali menargetkan raihan WTP dibawah kepemiminannya butuh dua kali lagi penerimaan penghargaan agar genap jadi lima. “Kalau sudah lima kali, maka penghargaannya tidak lagi diterima di Muna tapi di istana negara,” harapnya.

Baca Juga : Untuk Buktikan Keberhasilan Membangun, Rusman Butuh Dua Periode

Ia juga mengapresiasi kerja keras yang diperoleh jajarannya karena hal ini tidak hanya dikerjakan oleh segelintir orang.

Namun penghargaan tersebut merupakan kerjasama seluruh steakholder di Kabupaten Muna.

“Kita tidak perlu larut dengan capaian ini, yang kita butuh bekerja keras lagi dan meningkatkan kinerja agar prestasi bisa terus meningkat,” timpalnya. (B)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Abd Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib