iklan zonasultra

iklan zonasultra

Diguyur Hujan, 60 Rumah di Butur Terendam Banjir

Diguyur Hujan, 60 Rumah di Butur Terendam Banjir
BANJIR - Kondisi Desa Wantulasi saat terjadi banjir, Jumat (22/6/2018). Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Buton Utara membuat sungai di wilayah tersebut meluap. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Buton Utara membuat sungai di wilayah tersebut meluap. Akibatnya, 60 rumah di Desa Wantulasi Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut) terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur Yurif Halir mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat 22/6/2018 sekitar pukul 15.00 Wita. Di mana, air yang berasal dari bagian hulu, tepat di belakang dan melalui Desa Wantulasi meluap, sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

Tak haya merendam rumah, luapan sungai itu juga menyeret satu orang warga setempat. “Warga yang terseret banjir telah dapat diselamatkan,” ungkap Yurif kepada Zonasultra.com, Sabtu (23/6/2018).

Diguyur Hujan, 60 Rumah di Butur Terendam Banjir
Jembatan rusak di Desa Wantulasi berat akibat terkena banjir Jumat (22/6/2018)

Kerugian materil yang juga timbul akibat bencana ini yakni satu buah jembatan mengalami rusak berat, kemudian akses jalan desa terputus, serta puluhan sumur warga keruh akibat terendam banjir.

Setelah menerima informasi, pihaknya kemudian melakukan assessment pada lokasi kejadian dan berupaya memberikan bantuan kepada korban yang terdampak.

Selain itu, BPBD Butur juga menyiapkan 1 unit mobil tanki air untuk mensuplai kebutuhan air bersih bagi warga yang sumurnya terendam banjir. Kemudian, BPBD bersama dengan camat dan Kapolsek setempat terus melakukan pemantauan serta melakukan pengungsian sebagian warga ke tempat yang aman. (B)

 


Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib