iklan zonasultra

Diguyur Hujan Deras, Jalan Wisata Tangkeno Amblas

Diguyur Hujan Deras, Jalan Wisata Tangkeno Amblas
JALAN AMBLAS - Kondisi jalan menuju desa wisata Tangkeno di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) amnlas akibat diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi pada Senin (17/2/2020) sekitar pukul 10.00 Wita. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Kondisi jalan menuju desa wisata Tangkeno di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) amblas akibat diguyur hujan deras dengan intensitas tinggi selama beberapa jam. Kerusakan jalan ini tepatnya di Desa Tirongkotua, Kecamatan Kabaena yang berjarak sekitar 7 kilometer dari desa wisata.

Akibatnya, ruas jalan tanjakan di desa itu sulit dilalui warga karena kondisi aspal yang amblas dan konturnya berlubang-lubang. Belum lama dibenahi warga, jalan ini malah semakin berlumpur.

Harwan, pemuda desa Tirongkotua mengaku sangat kesulitan saat melintas di jalan ini. Kata dia, jalan itu merupakan satu-satunya akses jalan yang dianggap layak untuk bisa sampai ke pasar Sikeli Kecamatan Kabaena Barat.

iklan zonasultra

” Saya kaget juga saat hendak melintas di pendakian jalan itu. Jalannya rusak sekali karena banyak bekas aspal yang berhamburan,” keluh Harwandi Kabaena saat dikonfirmasi melalui akun whatsapp miliknya, Senin (17/2/2020).

(Baca Juga : Saluran Tersumbat, Sejumlah Rumah di Bombana Terendam Banjir)

Menurut Harwan, jalan tetsebut harus secepatnya dibenahi. Sebab, masyarakat Tirongkotua saat ini masih pro kontra saat hendak membenahi jalan tersebut karena merupakan jalan lintas Kabupaten Bombana.

” Warga disana sudah usahakan membenahi jalan itu, tapi ketika hujan, jalannya malah semakin berlumpur. Ada diantara mereka yang mempersoalkan jalan tetsebut adalah kewenangan pemkab Bombana, adapula yang menginginkan jalan ini di benahi menggunakan cor namun terkendala anggaran,” terang Harwan.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umun (PU) Bombana, Sahrun yang berusaha dikonfirmasi awak media ini belum bisa dimintai keterangan. Meski begitu, sebelumnya Sahrun menyampaikan bahwa jalan di Kabaena bakal dibenahi di tahun 2020. Kata dia, Akses jalan menuju desa wisata Tangkeno tetap akan mendapatkan jatah.

” Tahun 2020, Kabaena masuk dalam koridor pembenahan jalan, mulai dari Kelurahan Dongkala, Kabaena Timur hingga Kabaena Kabaena selatan, termasuk akses jalan menuju desa wisata Tangkeno,” ungkap Sahrun beberapa waktu lalu. (a)

 


Kontributor : Muhammad Jamil
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib