Dihadapan Plt Gubernur, KPU Sultra Laporkan Persiapan Pilgub

Dihadapan Plt Gubernur, KPU Sultra Laporkan Persiapan Pilgub
PILGUB SUTRA - Lima Komisioner KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) bertemu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sultra Saleh Lasata di Kantor Gubernur, Rabu (19/7/2017). (Foto: Istimewa)

Dihadapan Plt Gubernur, KPU Sultra Laporkan Persiapan Pilgub PILGUB SUTRA – Lima Komisioner KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) bertemu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sultra Saleh Lasata di Kantor Gubernur, Rabu (19/7/2017). (Foto: Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) bertemu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sultra Saleh Lasata di Kantor Gubernur, Rabu (19/7/2017). Kunjungan tersebut dalam rangka audiensi persiapan Pemilihan Gubernur (pilgub) 2018.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan audiensi tersebut sebagai wujud silaturrahim KPU untuk pertama kalinya berjumpa dengan Plt. Gubernur pasca serahterima jabatan dari Mendagari 6 Juli 2017 lalu. Pertemuan audiensi sangat penting dan strategis bagi KPU Sultra karena pemerintah provinsi adalah pihak yang menfasilitasi mulai pendanaan kegiatan sampai dukungan sarana prasarana Pilgub.

Lewat pertemuan perdana tersebut, KPU Sultra melaporkan sejumlah hal diantaranya KPU Sultra telah menetapkan Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilgub serta penetapan hari dan tanggal pemungutan suara pada 27 Juni 2018 serentak secara nasional.

“Diperlukan sinergitas KPU Provinsi Sultra bersama Pemerintah Provinsi terkait dengan data kependudukan dan data pemilih agar proses pemutakhiran data pada tingkatan penyelenggara bisa valid dan akurat,” ujar Dayat sapaan akrab Hidayatullah.

Selain itu, launching tahapan penyelenggaraan Pilgub Sultra akan dilaksanakan pada Agustus 2018 dengan menghadirkan Pimpinan KPU RI. Jadwal dan waktu akan disesuaikan setelah perayaan kemerdekaan RI 17 Agustus 2017.

Dayat juga menyampaikan bahwa pasca penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) 22 Juni 2017 lalu, KPU Sultra telah melakukan registrasi nomor NPHD kepada Kementerian Keuangan. Tata kelola penggunaan anggaran Pilgub Sultra 2018 sebesar Rp. 258 Milyar bersumber dari dana hibah APBD Sultra 2017 dan 2018. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here