Tampilan Desktop



Dihadapan Ratusan Petani Koltim, ARF Ikrarkan Pertanian Sultra Bangkit
259 Dibaca

Dihadapan Ratusan Petani Koltim, ARF Ikrarkan Pertanian Sultra Bangkit

DEKLARASI PILGUB – Bakal calon (Balon) Gubernur Abdul Rahman Farisi (ARF) ketika mendeklarasikan diri maju Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018 di Ladongi Kolaka Timur, Sabtu (11/3/2017). (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, LADONGI – Bakal Calon (Balon) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdul Rahman Farisi (ARF) mengikrarkan Pertanian Sultra bangkit dihadapan ratusan petani di Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur.

ARF yang juga pakar ekonomi nasional ini mengtakan, petani di Sultra harus dua kali lebih sejahtera dibanding keadaan mereka saat ini. Caranya, memberikan kemudahan akses permodalan pada para petani dengan membentuk perusahaan daerah Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida).

“Saya akan bentuk Jamkrida pada tiga bulan pertama. Jika saya menjadi Gubernur. Tidak hanya itu, ARF mengungkapkan bahwa Dinas Pertanian Sultra harus selalu hadir menyelesaikan masalah petani di Sultra,” ujar ARF ketika mendeklarasikan diri maju Pemilihan Gubernur Sultra 2018 di Ladongi Kolaka Timur, Sabtu (11/3/2017).

Selain itu, yang akan dibentuk adalah unit pelaksana teknis daerah (UPTD) yang fokus mengurusi benih dan anti hama tanaman pertanian dan selalu melakukan riset. Tujuannya, agar setiap hama tanaman yang merugikan petani, dapat langsung diantisipasi.

Lanjut ARF, khusus komoditas tanaman pangan seperti beras, Ladongi harus didorong menjadi komoditi yang bersaing di pasar nasional. Produk daerah dapat dijual dalam bentuk kemasan dengan merek lokal di Sultra.

ARF juga berjanji, akan melanjutkan program revitalisasi tanaman kakao yang sebelumnya dikenal sebagai Gernas Cacao oleh Kementrian pertanian. Lanjutnya, pada periode kepemimpinannya nanti ia optimis dapat mewujudkan target produksi padi dua juta ton per tahun.

“Pemerintah provinsi itu tidak boleh berpangku tangan, jika petani menderita gagal panen. Sebaliknya, kadang kita menyaksikan pemerintah yang hanya bertepuk tangan saat panen melimpah,” ucap ARF.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani di Kelurahan Ladongi, Idrus (54) mengatakan, masyarakat berharap agar Gubernur Sultra nantinya bisa memiliki kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan petani. Salah satu figur yang tepat adalah ARF yang masih muda dan punya visi yang akan memperjuangkan kesejahteraan petani.

Tokoh Pemuda Kolaka Timur Juslan, ikut mengapresiasi visi kerakyatan ARF. Ia pun mengajak seluruh elemen pemuda di Sultra untuk bergerak bersama ARF.

“ARF ini adalah figur muda. Yang memiliki visi yang berpihak pada petani, nelayan dan UKM. Dan ini akan menjadi pilar yang mendukung kemajuan daerah Sultra, agar sejajar dengan daerah lainnya di Wilayah timur Indonesia,” tukas Juslan. (A)

 

Reporter : Muhammad Taslim Dalma
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com