iklan zonasultra

Dikawal Ketat Aparat, 126 TKA China Keluar Bandara Haluoleo Lewat Jalur ‘Tikus’

Dikawal Ketat Aparat, 126 TKA China Keluar Bandara Haluoleo Lewat Jalur 'Tikus'
TKA CHINA - Sebanyak 126 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Selasa (14/7/2020) pukul 22.30 WITA. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 126 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Selasa (14/7/2020) pukul 22.30 WITA. 126 TKA ini tiba dengan menumpang pesawat carteran Lion Air, jenis air bus boeing 737-8GP, yang bertolak dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Selanjutnya 25 menit kemudian para TKA yang dikawal petugas keamanan, keluat dari bandara melalui jalur “tikus”, di pertigaan Konda, Desa Konda 1, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Iklan Zonasultra

Ratusan pekerja asal Taipan itu dimuat dengan mobil carteran sebanyak 25 unit melintasi jalur yang telah dijaga ketat puluhan aparat kepolisian. Tak hanya itu, pengawalan juga dilakukan polisi dalam rombongan iring-iringan kendaraan.

Pantauan awak ZonaSultra, mobil patroli dan Pengawalan (Patwal) Lalu Lintas memulai rangkaian rombongan TKA. Selanjutnya disusul beberapa motor jenis trail kepolisian, dan diikuti oleh rombongan mobil mini bus yang memuat 5 sampai 6 orang TKA.

Sekitar separuh dari rombongan, mobil patwal polisi mengantar rombongan TKA. Hingga pada rombongan terakhir, kendaraan polisi menutup rangkaian iring-iringan kendaraan tersebut. Tak diketahui pasti berapa jumlahnya aparat keamanan yang dilibatkan.

Di pertigaan Konda sendiri, dari arah Wolasi menuju Kendari, polisi juga menutup sementara jalan hingga tak bisa dilalui oleh pengendara dan warga lokal. Meski iring-iringan telah berlalu polisi belum membuka akses.

Hal itu membuat sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat menumpuk di tengah jalan. Salah seorang dari pengendara, tampak memprotes hal itu. Karena ketatnya penjagaan, jurnalis enggan mendekati warga yang sempat maju mendekati barikade polisi.

Ratusan TKA ini langsung menuju perusahaan smelter di Kabupaten Konawe, Sultra. Total 387 TKa yang sudah masuk di Sultra. (b)

 


Reporter: Fadli Aksar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib