iklan zonasultra

Dikbud Baubau Siapkan Wifi Gratis Buat Siswa

Ilustrasi belajar
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,BAUBAU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, Sulawesi Tengga (Sultra), berencana memberikan layanan wifi gratis pada tiap sekolah agar siswa tetap bisa bersekolah dalam jaringan (daring). Wifi gratis utamanya diperuntukan untuk para siswa yang terhimpit masalah keuangan hingga tidak dapat membeli paket internet.

Rencana itu telah disepakati bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat agar direalisasikan pada akhir 2020 lewat Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah Perubahan (APBDP). Namun terkait besaran dana yang disiapkan, Kepala Dikbud Kota Baubau, Abdul Karim, mengaku lupa nominalnya.

Menurut Abdul Karim, inovasi tersebut tidak bertentangan dengan upaya pengendalian penularan Covid-19. Dia memastikan wifi gratis tidak bakal mengundang kerumunan siswa karena pihak sekolah akan dilibatkan mengawasi penegakan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau di dalam kelas kemungkinan menjadi kluster baru. Tapi kalau di luar kelas ini merupakan inovasi,” ujar Abdul Karim lewat panggilan telepon, Senin (28/9/2020).

Dia mengungkapkan sempat mendapat kritikan terkait kebijakan ini. Namun menurutnya jarak aman siswa jika belajar menggunkanan wifi di luar ruangan mudah dikontrol oleh guru yang berada di sekolah, serta sekarang sudah ada peraturan yang mengharuskan setiap orang beraktivitas di tempat umum wajib menggunakan masker. Selain itu, tidak semua siswa dibolehkan mengakses jaringan, hanya yang tidak dapat membeli paket internet saja.

Abdul Karim melanjutkan, kebijakan menyiapkan wifi gratis ini berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan Dikbud Kota Baubau. Banyak siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran daring karena orang tuanya tidak mampu membeli paket internet.

“Kita lakukan kunjungan sekolah-sekolah, dalam proses belajar dari itu ada beberapa permasalahan yang kita temukan, salah satunya belajar daring itu. Kendala saat ini tidak semua siswa punya uang untuk membeli kuota internet,” kata dia. (B)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib