iklan zonasultra

Dikbud: Dua SMP di Muna Siap Ikut UNBK

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Ashar Dulu
Ashar Dulu

ZONASULTRA.COM, RAHA – Sebanyak dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Muna siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 26 April 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Ashar Dulu mengatakan bahwa dua sekolah tersebut adalah SMPN 2 Raha dan SMPN 1 Tongkuno. Sebelumnya, hanya SMPN 2 Raha yang menyatakan kesiapannya untuk mengikuti UNBK tahun 2018. Namun setelah adanya hasil dari tim verifikasi pusat, dinyatakan SMPN 1 Tongkuno memenuhi syarat melaksanakan UNBK.

“Jadi mulai dari kemampuan siswa, kesiapan sarana dan prasarana terutama komputer serta laboratorium yang memenuhi syarat. Sehingga SMPN 1 Tongkuno diputuskan mengikuti SMPN 2 Raha bersama-sama melaksanakan UNBK ini,” kata Ashar Dulu saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/4/2018).

Ashar menjelaskan, panitia UNBK juga sudah siap, dan sampai saat ini empat kali pihaknya mengadakan rapat pemantapan UNBK. Satu hal yang dikhawatirkan, yakni persoalan listrik.

“Kita juga sudah menyurati PLN agar pada saat pelaksanaan UNBK ini, khususnya di Kota Raha dan Tongkuno apapun yang terjadi harus listriknya tetap menyala. Saya juga sudah ketemu pimpinan PLN dan sudah berbicara kalau selama satu hari ini tidak boleh mengganggu di dua titik ini yakni SMPN 2 Raha dan SMPN 1 Tongkuno,” tuturnya.

Jumlah siswa di dua sekolah yang sudah terdaftar untuk mengikuti UNBK sekitar 516 siswa, dengan rincian terdiri dari 328 siswa/siswi di SMPN 2 Raha. Kemudian 188 siswa/siswi dari SMPN 1 Tongkuno.

“Jadi dari 328 siswa SMPN 2 Raha ini, siswa laki-laki sebanyak 170 dan wanita 158. Sementara untuk SMPN 1 Tongkuno siswa laki-laki sebanyak 85 dan wanita 103,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain SMPN 2 Raha dan SMPN 1 Tongkuno, ada beberapa sekolah madrasah yang mengikuti UNBK juga. Ada yang memakai sekolah sendiri dan ada juga yang meminjam sekolah lain.

Madrasah yang mengikuti UNBK ini yakni MTsN 1 Muna, MTsN 2 Muna, MTsN 3 Muna, MTsN 4 Muna, MTsN 5 Muna, MTsS Lakapodo, MTsS Al Mustakim Mabodo, dan MTsS Bina Cendekia Tampo. (A)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib