Tampilan Desktop



Dinamika Internal PDIP Sultra Memanas, Rifai Pidansa Berpeluang Nakhodai DPD
162 Dibaca

Bukan cuman pendiri, namun Rifai Pidensa merupakan ketua PDIP Sultra sejak tahun 70 an hingga 2010. estafet kepemimpinannya diserahkan kepada ketua DPC Wakatobi saat itu dijabat oleh Hugua melalui ak

Bukan cuman pendiri, namun Rifai Pidensa merupakan ketua PDIP Sultra sejak tahun 70 an hingga 2010. estafet kepemimpinannya diserahkan kepada ketua DPC Wakatobi saat itu dijabat oleh Hugua melalui aklamasi karena alasan memberikan kesempatan bagi pemula yang telah dikaderisasi.
Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Christian Batara Pandin menegaskan, kehadiran Rifai Pidansa pada penjaringan calon ketua PDIP Sultra merupakan hal yang biasa. Namun demikian, dirinya berharap, seluruh kader perlu menghormati orang tua yang telah membesarkan kader dan partai PDIP Sultra sekitar 30 tahun. (BACA JUGA : PDIP Sultra Menghangat Jelang Suksesi Ketua DPD)
“Pak Rifai orang tua kami, tidak ada rivalitas, karena ini antara anak dan orang tua sehingga saya berharap, seluruh pengurus PDIP se Sulawesi Tenggara, baik tingkat bawah sampai DPD, itu hasil pengkaderan pak Rifai. yang perlu diketahui publik, bahwa kehadiran orang tua kami guna memperbaiki kepengurusan partai hingga ke anak ranting, memang PDIP di Sultra Solid namun beberapa tingkatan perlu perbaikan, khususnya pengurus arus bawah,” tegas Christian, Jumat (16/1/20150) di Kendari.
Kendati demikian, lanjut Christian, seluruh calon ketua tidak dapat menjamin dirinya untuk terpilih pada periode ini, sekalipun mengklaim mendapat dukungan 99,9 persen dari DPC se Sulawesi Tenggara, sebab tahapan penjaringan melalui beberapa proses dan nantinya akan diputuskan DPP jika tidak ada mufakat bagi calon yang direkomendasikan.
“Saat ini masih penjaringan, baik DPC maupun DPD. Mekanismenya, setiap DPC dan DPD dapat mengusulkan 3 sampai 5 calon, itu maksimalnya. Untuk tingkat DPC disaring menjadi 3 kader sedangkan DPD tidak diperbolehkan menyaring sehingga usulan DPC dan DPD dibawah ke DPP untuk dilakukan Fit And Proper Test tentang pengetahuan Ideologi pancasila, masa bhakti di partai serta komitmen membesarkan partai,” jelas Christian.
Christian menjelaskan, hasil fit and proper test akan keluar tiga nama yang direkomendasikan untuk melakukan musyawarah mufakat, jika tidak ada titik temu baik DPC maupun DPD maka dikembalikan ke DPP dan diputuskan oleh ketua umum, Mega Wati Soekarno Putri.
“Hasil fit and proper test itu keluar tiga nama, baik DPC maupun DPD, selanjutnya direkomendasikan untuk musyawarah mufakat, menentukan siapa yang dipilih Ketua, Sekretaris dan Bendahara, jika dalam musyawarah tidak ada kesepakatan dalam menentukan pengurus, maka dikembalikan ke DPP dan diputuskan ketua umum, ibu Mega Wati,” terang Christian.
Oleh karena itu, siapapun pengurus tidak boleh menjamin dirinya, memiliki dukungan penuh dari DPC untuk kembali terpilih menjadi ketua, karena konsepnya, musyawarah untuk mufakat, sekalipun sudah menunjukkan keberhasilannya,”Indikator untuk menjadi ketua DPC atau DPD bukan hanya dinilai berhasil memimpin partai, tetapi masih ada indikator lain yang tidak dapat saya sebut disini,” katanya.
Menurut Chriastian, dalam penjaringan calon ketua DPC dan DPD sejumlah nama sudah memenuhi syarat diantaranya, Rifai Pidansa, Hugua, Nursalam Lada, Litanto, Hasid Pidansa, Malik, Christian Batara Pandin serta sejumlah nama-nama usulan DPC yang sedang dalam penyaringan.
Sebelumnya diberitakan, isu kisruh internal yang melanda DPD PDIP Sultra terkait penjaringan calon ketua DPD ditampik oleh Wakil Ketua DPRD Sultra, Nursalam Lada.
“Tidak ada kisruh, kalau semangatnya mengusulkan diri untuk calon ketua DPD PDIP, itu hal yang wajar sebab semua kader diberi kesempatan sepanjang memenuhi syarat, sehingga masing-masing calon mengunggulkan dirinya. Ini dinilai sebagai suatu polemik, padahal itu dinamika politik, dinamika partai,” jelas Salam, Selasa (13/1/2015).(Mas)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com