iklan zonasultra

Dinas Pangan Pamerkan Tanaman Hidroponik di HUT Kota Kendari

Dinas Pangan Pamerkan Tanaman Hidroponik di HUT Kota Kendari
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Pangan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memamerkan tanaman hidroponik dalam ekspo HUT Kota Kendari, 1-5 Mei 2019.

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari Nismawati mengatakan, tanaman hidroponik tersebut dibentuk dengan berbagai macam model, seperti hidroponik vertikal, terapung, dan hidroponik yang menggunakan sistem vertiminaponik.

Khusus hidroponik vertikal ini, kata Nismawati, sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat. Sedangkan hidroponik terapung dan vertiminaponik merupakan inovasi terbaru pembuatan hidroponik.

iklan zonasultra

(Baca Juga : HUT Kendari, Dinkes Buka Pemeriksaan Kesehatan Gratis)

“Tanaman hidroponik terapung ini yang kami pamerkan dalam stand dinas pangan berupa sayuran budidaya,” kata Nismawati di stand dinas pangan di Lapangan Benu-benua Kota Kendari, Kamis (3/5/2019).

Nismawati mengungkapkan, untuk desain pengembangan wadah tanaman hidroponik pihaknya menggunakan bahan gabus, dan hidroponik yang menggunakan sistem vertiminaponik merupakan kombinasi antara sistem budidaya sayuran berbasis pot atau talang plastik dengan sistem aquaponik.

(Baca Juga : Begini Penampilan Berbagai Paguyuban di Pawai HUT Kendari)

Satu hal yang paling menarik lanjutnya adalah membudidayakan sayuran menggunakan ember plastik berisi air yang dilimpahkan ikan lele. Kotoran ikan lele itu secara tidak langsung menjadi pupuk bagi sayuran yang ada di atasnya.

“Melalui pertanian perkotaan ini kita wujudkan Kota Kendari jadi kota yang berbasis inovasi, ekologi, informasi, dan teknologi,” tuturnya. (b)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib