iklan zonasultra

Dinas Pariwisata Kembangkan Dua Objek Wisata Unggulan di Kolaka

Dinas Pariwisata Kembangkan Dua Objek Wisata Unggulan di Kolaka
PRESENTASI - Presentasi master plan dan perencanaan detail engineering design pengembangan Taman Wisata Alam Mangolo dan Tanjung Kayu Angin, Kolaka di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (11/12/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka bakal mengembangkan dan merevitalisasi dua objek wisata di wilayah tersebut sebagai destinasi wisata unggulan.

Objek wisata itu yakni Taman Wisata Alam (TWA) Mangolo, Kelurahan Mangolo dan Tanjung Kayu Angin yang berada di Desa Sani-Sani Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Iklan Zonasultra

Sekertaris Dinas Pariwisata Kolaka, Andi Pangoriseng mengatakan saat ini pengembangan kedua objek wisata itu telah berbentuk master plan dan perencanaan detail engineering design. Kata dia, master plan rencana pengembangan dua objek wisata itu dilakukan oleh PT. Teknik Eksakta sebagai perencana dan developer.

Selanjutnya, master plan dan perencanaan detail engineering design telah memasuki tahap seminar akhir yang dipresentasikan di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (11/12/2019). Sehingga, tinggal menunggu persetujuan untuk bisa segera direalisasikan.

(Baca Juga : Pulau Padamarang, Wisata Bahari Eksotis di Kolaka yang Terbaikan)

Masih kata Andi Pangoriseng, diharapkan ke depan melalui objek wisata tersebut bisa mendulang pundi pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemerintah setempat. Selain itu, pengembangan dua objek wisata diharapkan dapat menggaet wisatawan lokal maupun luar kota untuk datang ke Kolaka.

“Kita kembangkan potensi pariwisata di Kolaka, agar target PAD bisa tercapai,” ujarnya.

Tenaga Ahli Perancangan Arsitektur PT Teknik Eksakta, Abdul Syukur menjelaskan presentasi yang dilakukan ini untuk mengidentifikasi potensi yang dapat dikembangkan di dua objek wisata tersebut. Selain melakukan kajian teknis seperti survei demografis atau geologis.

“Di dalam master plan, kedua objek wisata ini kita akan bangun, contohnya untuk di Tanjung Kayu Angin seperti resort di atas air. Sementara di TWA Mangolo dibuat kolam air panas dan dingin,” jelasnya. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib