Honda

Dinas Pariwisata Konsel Naik Tipe dari C ke A

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konsel, AB Subair
AB Subair

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), kini naik menjadi tipe A setelah sebelumnya hanya bertipe C.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konsel, Subair saat ditemui di kantornya, Sabtu (12/10/2019) menjelaskan, kepastian kenaikan tersebut, diputuskan setelah DPRD setempat menindak lanjuti rekomendasi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diturunkan melalui pemerintah provinsi, dan juga berdasarkan indikator penilaian yang sudah lebih dulu dilakukan.

Subair mengatakan, proses kenaikan tipe organisasinya itu melalui beberapa tahapan. Yakni melengkapi tiga item penilaian yang menjadi indikator penilaian, pertama, jumlah usaha pariwisata, jumlah zona kreatif dan jumlah destinasi wisata. Ia mengakui selama ini, ketiga indikator tersebut tidak memadai.

iklan zonasultra

“Dulu Indikator pertama, datanya cuma 8. Indikator ke Dua ke tiga yang saya sebut tadi, nilainya Nol, sehingga dulu kita hanya memiliki nilai 220 makanya kita tipe C. Setelah kita usahakan, kita capai indikator pertama dari 8 meningkat jadi 107, kedua dari Nol naik menjadi 52, dan ketiga juga naik menjadi 46, angka inilah yang kita persentasekan ke Kemendagri dan kementrian pariwasata, sehingga score kita naik dari 220 menjadi 1.034,” papar Subair.

Atas dasar score inilah sehingga pihak Kemendagri, menyampaikan ke pemerintah provinsi Sultra untuk membuat rekomendasi ke Pemerintah daerah tentang kelayakan kenaikan tipe Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu.

“Nah, sekarang yang sedang kita lakukan adalah, melakukan perubahan Peraturan Daerah (Raperda) bersama DPRD untuk ditetapkan bersama dengan nomenklatur baru, yakni dari tipe C ke A, karena ini dasar hukumnya, nantinya akan terjadi perubahan struktur organisasi,” imbuhnya.

Karena perubahan tersebut, dinas pariwisata setempat akan membawahi 4 bidang. Sebelumnya hanya dua. Yakni bidang pariwisata dan bidang ekonomi kreatif, kini akan bertambah yakni bidang promosi dan pemasaran juga bidang pengembangan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kalau kita mau mengembangkan pariwisata kita harus perbaiki dulu organisasinya, makanya kita usahakan ini tercapai dulu, kedepan kita berharap Konsel bisa lebih berkembang pariwisatanya,” harapnya. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

1 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib