iklan zonasultra

Dinas Perikanan Buteng Bakal Budidayakan Ikan Tuna

Kepala Dinas Perikanan Buteng Muh Rijal
Muh Rijal

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI – Guna meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra), dinas perikanan setempat berencana akan membuat budidaya ikan tuna.

Kepala Dinas Perikanan Buteng Rijal mengatakan, penangkapan ikan tuna secara berlebihan membuat jenis ikan ini mulai berkurang di pasaran. Oleh karena itu, budidaya ikan tuna merupakan salah satu strategi untuk mencukupi kebutuhan konsumen akan ikan jenis ini.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan menempatkan budidaya tersebut di Teluk Lasongko dan Teluk Liana Banggai.

“Tahun ini kami akan buat budidaya percontohan di dua kecamatan yakni Kecamatan Lakudo dan Kecamatan Mawasangka Tengah, lebih tepatnya di Teluk Lasongko dan Teluk Liana Banggai,” tuturnya ditemui baru-baru ini.

Rijal menjelaskan, agar budidaya ini berhasil, maka harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan karena program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami akan terus berupaya mendampingi masyarakat agar dapat melihat secara bersama sampai sejauh mana tingkat keberhasilannya,” ujarnya.

Selain budidaya ikan, Dinas Perikanan Buteng juga sudah mempersiapkan budidaya kepiting bakau yang akan ditempatkan di Desa Tanailandu, Kecamatan Mawasangka. (B)

 


Reporter: CR4
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib