iklan zonasultra

Dinas Pertanian Kendari Berupaya Maksimalkan Pabrik Pakan Ternak

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kendari, Siti Ganef
Siti Ganef

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk meningkatkan produksi peternakan di Kota Kendari, Dinas Pertanian Kota Kendari akan memaksimalkan pabrik pakan ternak yang dibangun Pemerintah Kota Kendari di Kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu.

Kepala Dinas Petanian Kota Kendari Siti Ganef mengatakan, pabrik pakan ternak tersebut saat ini baru bisa melayani kebutuhan peternak di Kota Kendari sekitar 30 sampai dengan 40 persen.

Adapun 60 sampai dengan 70 persen kebutuhan pakan ternak di Kota Kendari masih disuplai dari Makassar dan Surabaya. Resiko yang diterima oleh para peternak dengan mengambil pakan ternak dari luar biaya pengiriman yang cukup tinggi.

iklan zonasultra

Baca Juga : Direndam Banjir, 50 Hektar Sawah di Kendari Gagal Panen

“Harga pakan ternak di Surabaya dan Makassar memang di bawah harga yang ditawarkan pabrik pakan ternak yang ada di Kota Kendari. Tetapi ongkos kirim menjadi masalah tersendiri yang harus dihadapi oleh para peternak,” jelasnya di ruang kerjanya, Senin (17/6/2019).

Maka dari itu, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak pabrik pakan ternak agar bisa benar-benar meningkatkan produksinya.

Sementara itu, salah seorang peternak ayam Ahmad Zulkarnain menyatakan, selama ini pihaknya untuk memenuhi kebutuhannya pakan ternak masih membeli dari Makassar. Kondisi ini tentunya cukup sulit karena ongkos kirim cukup membebani.

Baca Juga : Banjir di Sultra Hanyutkan 198 Ekor Hewan Ternak

Hingga saat ini, pabrik pakan ternak yang ada di Kota Kendari sama sekali belum bisa memenuhi kebutuhan peternak. Jadi kalau ada upaya dari pemerintahan kota meningkatkan kapasitas produksi pabrik pakan ternak, pihaknya sangat mendukung.

“Kalau nantinya pabrik pakan ternak ini bisa melayani kebutuhan kami peternak. Itu sangat membantu karena tidak perlu lagi membeli pakan dari luar daerah,” tuturnya. (B)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib