iklan zonasultra

Dinas PU Bombana Fokus Kerja Jalan di Kabaena

Dinas PU Bombana Fokus Kerja Jalan di Kabaena
AKSES JALAN - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bombana saat membenahi salah satu ruas jalan di Pulau Kabaena. Jalan ini merupakan akses jalan terparah menuju desa wisata Tangkeno dengan kontur berlubang dan menjadi prioritas untuk dituntaskan pada tahun 2019. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bombana saat ini tengah fokus menyelesaikan satu titik ruas jalan di Pulau Kabaena. Pengerjaannya dimulai awal Agustus dan akan tuntas hingga Desember 2019.

Proses pengerjaan jalan itu dimulai dari Kelurahan Teomokole menuju Desa Rahadopi Kecamatan Kabaena yang berjarak sekitar 5 kilometer. Anggarannya berasal dari serapan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp11 miliar.

(Baca Juga : Agustus, Jalan di Kabaena Mulai Dikerja)

iklan zonasultra

Kepala Dinas PU Bombana, Man Arfa mengatakan jalan menuju desa wisata Tangkeno tersebut akan dituntaskan dengan tetap menyesuaikan kemampuan anggaran. Proses awal pengerjaannya pun dimulai dari pelebaran jalan (cutting) tanpa mengganggu areal pemukiman warga. Kemudian dilanjutkan dengan proses rigid beton.

“Kami sudah mulai kerja jalan itu sejak awal Agustus kemarin, dan target kami harus tuntas pada akhir tahun nanti. Jadi, metode kerjanya akan tetap menyesuaikan dengan anggaran yang telah telah digelontorkan senilai 11 miliar rupiah,” kata Man Arfa di ruang kerjanya, Kamis (22/8/2019).

(Baca Juga : Dinas PU Bombana Benahi Jembatan Ambruk di Kabaena)

Secara teknis, Kepala Bidang Tata Ruang dan Bina Marga Dinas PU Bombana, Samuel menjelaskan bahwa kondisi jalan di Pulau Kabaena saat ini cukup memprihatinkan, utamanya jalan menuju Desa Tangkeno. Sehingga pihaknya berupaya memaksimalkan pengerjaan jalan tersebut sesuai target.

“Targetnya kan diperlebar dulu, setelah itu dibeton dengan sistem rigid dan ada beberapa deker yang menggunakan box culvet (gorong-gorong beyon). Lebarnya pun kami targetkan 5 meter dengan kualitas yang baik dan bisa bertahan hingga puluhan tahun,” ungkapnya. (B)

 


Kontributor : Muhammad Jamil
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib