Dinkes Konawe Klaim Ketersediaan Obat Aman Hingga 2018

63
Muhammad Aris
Muhammad Aris
Muhammad Aris
Muh Aris

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Ketersediaan obat-obatan yang berada di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini diklaim aman hingga 2018 nanti. Bahkan, ada ratusan jenis obat yang sudah dibagikan ke sejumlah puskesmas se-Konawe.

Kepala Dinas Kesehatan Konawe, H. Muh Aris mengatakan, jenis obat antibiotik biasanya paling banyak dikonsumsi oleh para pasien. Diantaranya ada Amoxicillin, Paracetamol dan sirup atau tablet.

BACA JUGA :  Kunjungi Konawe, Mentan Amran Pastikan Pupuk Subsidi Aman

“Pengambilan obat jatahnya satu bulan sekali dan obat dipesan itu tergantung pasien. Kami hanya menyediakan pelayanan penyediaan obat saja,” kata Aris kepada Zonasultra.com, Jumat (23/6/2017).

Dia mengatakan, dalam kurun waktu satu bulan, ada ratusan obat yang diambil oleh pihak Puskesmas. Sehingga, keberadaan stok di setiap Puskesmas diperkirakan aman. Aris memaparkan, pengambilan obat biasanya dilakukan setiap satu bulan sekali. Hal itu disesuaikan dengan jadwal jatah per-puskesmas setiap bulannya.

BACA JUGA :  Mentan Amran Sebut Konawe Harus Jadi Penghasil Pangan Terbesar di Indonesia

“Pengambilan obat gratis langsung bantuan dari pemerintah pusat, lalu diberikan melalui Dinkes dan disimpan di Instalasi Farmasi sebagai gudang penyimpanan. Jadi Puskesmas mengajukan permintaan obat disesuaikan dengan kebutuhan dan pemakaian obat pada bulan sebelumnya dan disesuaikan dengan jenis penyakit terbanyak,” terangnya. (B)

 

Reporter: Dedi Finafiskar
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini