iklan zonasultra

Dinsos Konut Programkan Pengembangan Rumah Pesisir

Dinsos Konut Programkan Pengembangan Rumah Pesisir
PENYERAHAN BANTUAN - Kepala Dinas Sosial Konut, Nafsahu saat menyalurkan bantuan sosial kepada warga kecamatan lasolo saat pembukaan porseni beberapa waktu lalu.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), merehabilitasi sejumlah rumah masyarakat pesisir di lima lokasi yang bermukim di wilayah itu.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Konut, Nafsahu mengatakan, pengembangan rumah pesisir itu diperuntukkan bagi warga yang bertempat tinggal di area pesisir seperti, kawasan muara Tinobu, Laiemo, Tanjung Laimeo, Pudonggala dan Taipa. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesejatraan hidup dan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat pesisir.

Diungkapkan, untuk wilayah konut, kawasan pesisir mayoritas dihuni oleh penduduk yang bekerja sebagai nelayan dengan kondisi hidup serba pas-pasan. Hasil laut yang merupakan sumber mata pencaharian untuk menyambung hidup, kebanyakan tak bisa membantu mereka untuk melakukan pembenahan rumah karena biaya yang begitu besar.

“Sehingga ini menjadi peran kami untuk membantu mereka khusus masyarakat yang tinggal di lokasi pesisir. Kita benahi kediamannya mereka, masing-masing anggarannya sudah di tentukan yaitu Rp 25 juta per rumah,”kata mantan Kadis Damkar Konut ini, di ruang kerjanya, Rabu (29/8/2018).

(Baca Juga : Dinsos Konut Usulkan Kenaikan Honor PHL Tagana Melalui APBD)

Ditambahkannya, kegiatan tersebut merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) koordinasi Dinsos Kabupaten dan dijalankan pada 2019 nanti. Adapun anggaran program ini bersumber dari dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat.

“Kita sementara melakukan pendataan, sekitar ribuan rumah kepala keluarga kita usulakan, insya Allah tidak ada halangan dan di setujui, awal 2019 sudah bisa berjalan, dananya itu bukan kita yang terima tapi langsung masuk ke rekening masyarakat penerima bantuan,”tukasnya.(B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib