iklan zonasultra

Dinsos Konut Usulkan Kenaikan Honor PHL Tagana Melalui APBD

Dinsos Konut Usulkan Kenaikan Honor PHL Tagana Melalui APBD
PENYERAHAN BANTUAN - Kepala Dinas Sosial Konut Nafsahu saat menyalurkan bantuan sosial kepada warga Kecamatan Lasolo saat pembukaan porseni beberapa waktu lalu. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah menyusun rancangan usulan anggaran honor pegawai harian lepas (PHL) para taruna siaga bencana (Tagana) yang bertugas di wilayah itu.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menaikkan insentif para petugas bencana itu mulai 2019 nanti melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut. Nilainya sebesar Rp600 ribu per orang.

Kepala Dinas Sosial Konut Nafsahu mengatakan, kenaikan insentif ini perlu menjadi perhatian khusus melihat tugas dan peran para anggota Tagana yang begitu berat di lapangan.

Lanjut mantan Kadis Damkar Konut ini, honor yang mereka dapatkan selama bekerja hanya Rp100 ribu per bulan saja dengan penerimaan tiap 3 bulan sekali melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Jumlah Tagana Konut sendiri ada sebanyak 30 orang.

“Honor para anggota Tagana ini melalui provinsi dana APBN. Awalnya Rp100 per bulan, sekarang sudah dinaikkan Rp250 ribu per bulan. Saya berinisiatif menambahkan melalui APBD Konut. Tugas Tagana sangat berat, dan mereka ini selalui siap siaga begitu ada bencana, tidak ada yang malas, ini menjadi pertimbangan kita,” kata Nafsahu di ruang kerjanya, Rabu (29/8/2018).

Dia menambahkan, selain Tagana, pihaknya juga mengusulkan kenaikan honor PHL dan sopir yang bertugas di instansi tersebut. Untuk PHL Rp500 ribu kategori SMA dan sarjana, untuk sopir Rp750 ribu.

“Kami sudah menyusun anggarannya, tinggal mengajukan di DPRD nanti pada pembahasan anggaran. Tentunya saya berharap dapat disetujui oleh teman-teman DPRD demi kelayakan hidup para PHL kita dan peningkatan semangat kerja untuk lebih baik lagi,” tukasnya. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib